Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Malang / Dinda Ainul Lutfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Malang / Dinda Ainul Lutfiah

Lutfiah, Dinda Ainul (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Malang / Dinda Ainul Lutfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perangkat pembelajaran kontekstual Implikasi dari berlakunya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) adalah setiap satuan pendidikan memiliki otonomi untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa menjadi alasan perlunya pengembangan bahan ajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik hasil pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berbasis kontekstual untuk kelas XI IPA di SMAN 4 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D-Model yang terdiri dari tahapan Define Design Develop dan Disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus RPP bahan ajar dan asesmen. Uji coba terbatas dilakukan kepada 18 siswa kelas XI IPA 2. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli media dan materi serta persepsi siswa. Data kualitatif berupa saran dan kritik digunakan sebagai bahan perbaikan dan data kuantitatif berupa skor dalam skala Likert dianalisis menggunakan persentase skor. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan seluruh komponen perangkat pembelajaran valid. Persentase skor untuk silabus sebesar 95% RPP sebesar 96% dan bahan ajar sebesar 93%. Analisis persentase untuk seluruh aspek penilaian dari masing-masing komponen perangkat pembelajaran juga menunjukkan hasil yang valid. Berdasarkan persepsi siswa bahan ajar mendapatkan persentase sebesar 99%. Hasil analisis data kualitatif yang berupa saran dan kritik dari para validator dan siswa digunakan sebagai bahan revisi produk. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan perangkat pembelajaran hasil pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item