Penerapan student team achievement division (stad) dengan menggunakan media foto untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN 1 Lawang / Viktoria Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan student team achievement division (stad) dengan menggunakan media foto untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN 1 Lawang / Viktoria Agustina

Agustina, Viktoria (2012) Penerapan student team achievement division (stad) dengan menggunakan media foto untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN 1 Lawang / Viktoria Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Berdasarkan hasil observasi wawancara dan angket yang dibagikan kepada siswa diketahui bahwa siswa XI-IPA 3 SMAN I Lawang masih menganggap bahwa Biologi adalah pelajaran yang membosankan karena terlalu banyak hafalan siswa masih canggung dalam mengutarakan pendapatnya siswa masih bingung untuk memaknai suatu data pengamatan dan siswa juga tampak kurang mampu bekerjasama saat diskusi berlangsung. Selain itu ketuntasan klasikal kelas XI-IPA 3 dapat dikatakan rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil Ulangan Harian (UH) siswa siswa yang tuntas pada UH1 adalah 46 2% UH2 adalah 43 6% dan UH3 adalah 46 2%. Oleh karena itu salah satu upaya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dan media foto sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif STAD dengan menggunakan media foto dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar Biologi siswa XI IPA 3 SMAN 1 Lawang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas XI-IPA 3 SMAN 1 Lawang dengan jumlah siswa 39 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan pada materi sistem reproduksi jantan sistem reproduksi betina siklus menstruasi fertilisasi dan gestasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 3 semester 2 SMAN 1 Lawang. Setelah dianalisis menggunakan rumus KPSK (Keterampilan Proses Sains Klasikal) keseluruhan aspek keterampilan proses belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 9 54%. Persentase aspek observasi mengalami peningkatan sebesar 11 12% klasifikasi mengalami peningkatan sebesar 3 26% komunikasi mengalami peningkatan sebesar 6 42% menyimpulkan mengalami peningkatan sebesar 10 9%. Sedangkan peningkatan rata-rata persentase ketuntasan klasikal 15 38% yaitu siklus I sebesar 76 92% (belum tuntas) meningkat menjadi 92 30% (tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Guru Biologi hendaknya menggunakan model pembelajaran model STAD dengan menggunakan media foto sebagai suatu alternatif kegiatan pembelajaran Biologi (2) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24850

Actions (login required)

View Item View Item