Penerapan panduan model pembelajaran problem solving dan stad untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar biologi Siswa kelas VII A MTS Almaarif 02 singosari / Nur Fitria Agustina

Agustina, Nur Fitria (2012) Penerapan panduan model pembelajaran problem solving dan stad untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar biologi Siswa kelas VII A MTS Almaarif 02 singosari / Nur Fitria Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: problem solving, STAD, aktivitas, motivasi, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pada kenyataannya pendidikan IPA saat ini, siswa kurang dilibatkan secara langsung dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar yang kurang adalah dengan memadukan problem solving dengan pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar, motivasi belajar, hasil belajar serta respon siswa dengan menggunakan penerapan paduan model pembelajaran problem solving dan STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru; (2) hasil angket motivasi belajar; (3) hasil tes kognitif; (4) hasil angket respon siswa; (5) hasil wawancara siswa; dan (6) catatan lapangan. Tahapan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran paduan model problem solving dan STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,5% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Penerapan pembelajaran paduan tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari skor rata-rata sebesar 60,1 dengan kategori sedang sebelum diberikan tindakan menjadi sebesar 88 dengan kategori sangat tinggi setelah diberikan tindakan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 53,9 sebelum diberikan tindakan menjadi 63,2 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 81,4. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran paduan model problem solving dan STAD memberikan respon positif dengan skor rata-rata sebesar 82,5 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dan temuan dalam penelitian tindakan kelas ini maka diharapkan guru maupun mahasiswa calon guru dapat menerapkan pembelajaran paduan model problem solving dan STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24849

Actions (login required)

View Item View Item