Mandasari, Nonik Nur (2012) Pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dipadu STAD (Student Teams Achiment Division) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas X MA Almaarif Singosari / Nonik Nur Mandasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PBL dipadu STAD kemampuan pemecahan masalah hasil belajar Tujuan pembelajaran biologi SMA menekankan pada pengembangan kemampuan peserta didik untuk berpikir analitis induktif dan deduktif serta pengembangan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap percaya diri. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran biologi di SMA harus mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan pengetahuan siswa. Namun kenyataan yang terjadi di kelas X MA AlMaarif Singosari proses pembelajaran biologinya belum mengembangkan kemampuan tersebut. Masalah ini memerlukan solusi salah satunya dengan mengimplementasikan model PBL dipadu STAD. Paduan PBL dan STAD secara teoritik maupun berdasar hasil penelitian mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan meningkatkan penguasaan konsep dari materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model PBL dipadu STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar (kognitif) siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MA Almaarif Singosari dan sampel penelitian adalah kelas X.1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X.3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan tes hasil belajar yang telah memenuhi validitas isi dan memiliki reliabilitas tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretes dan postes. Analisis data menggunakan uji Anakova yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Penghitungan dibantu dengan program SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) model PBL dipadu STAD berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pengaruh PBL dipadu STAD lebih tinggi 16 48% dari model konvensional nilai gain pada model konvensional sebesar 9 87% dan nilai gain pada PBL dipadu STAD sebesar 28 14% (2) model PBL dipadu STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pengaruh PBL dipadu STAD lebih tinggi 14 14% dari model konvensional nilai gain pada model konvensional sebesar 10 79% dan nilai gain pada PBL dipadu STAD sebesar 26 66%. Terkait kesimpulan tersebut peneliti menyarankan agar guru mengimplementasikan model PBL dipadu STAD sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24847 |
Actions (login required)
View Item |