Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tosari Pasuruan / Nike Yuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tosari Pasuruan / Nike Yuanita

Yuanita, Nike (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tosari Pasuruan / Nike Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif think pair share motivasi belajar hasil belajar. Pencapaian tujuan pendidikan berdasarkan (KTSP) yang sedang dilaksanakan perlu adanya suatu strategi pembelajaran yang sesuai. Think pair share (TPS) merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri Tosari Pasuruan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa. Tindakan yang diberikan berupa penerapan model Think Pair Share sebagai upaya memperbaiki hasil belajar dan meningkatkan motivasi. Motivasi belajar dianalisis secara deskriptif berdasarkan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar dianalisis berdasarkan tingkat pemahaman kognitifnya. Hasil kognitif ditentukan dari skor perolehan dari hasil ters pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Biologi kompetensi dasar Klasifikasi Makhluk Hidup. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa yang menjadi indikator motivasi yaitu perhatian waktu belajar usaha irama perasaan dan penampilan. Demikian halnya dengan hasil belajar siswa yang diukur berdasarkan ketuntasan klasikal maupun individu yang semakin meningkat dari siklus ke siklus. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi pada kompetensi dasar Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII-A SMP Negeri Tosari Pasuruan. Oleh karena itu disarankan bagi guru yang memiliki masalah dalam pembelajaran yang sama sebaiknya menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS karena telah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti berikutnya sebaiknya menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS yang lebih menarik bagi siswasehingga dapat meningkatkan motivasi siswa menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24846

Actions (login required)

View Item View Item