Penerapan lesson study pada pembelajaran biologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Diah Khoirun Afifah

Afifah, Diah Khoirun (2012) Penerapan lesson study pada pembelajaran biologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Diah Khoirun Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Lesson Study, motivasi belajar, hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Biologi di SMA Negeri 5 Malang dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan presentasi. Kelas X2 dan X9 adalah kelas reguler yang pada kenyataannya sebagian siswa terlihat kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Inilah yang menyebabkan ketuntasan klasikal kedua kelas ini hanya sebesar 60%-65% sehingga harus ditingkatkan. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan Lesson Study (LS) dan dampaknya pada motivasi belajar serta hasil belajar siswa (ranah kognitif). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X2 dan kelas X9 di SMA Negeri 5 Malang, seorang guru model, dan 6 observer. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan LS, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar (ranah kognitif). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah telaah data jawaban angket, hasil observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf keterlaksanaan langkah-langkah LS sesuai dengan standar monitoring tahap Plan, Do, dan See yang ditetapkan oleh Ditjen Dikti. Motivasi belajar siswa berdasarkan jawaban angket model ARCS untuk kelas X2 sebelum Open Lesson (OL) pada kegiatan LS motivasi belajar siswa sebesar 3,7 (baik), meningkat menjadi 3,8 (baik) pada saat OL kegiatan LS dan setelah kegiatan LS menjadi 4,0 (baik). Motivasi belajar siswa berdasarkan jawaban angket model ARCS untuk kelas X9 sebelum OL pada kegiatan LS motivasi belajar siswa sebesar 3.7 (baik), meningkat menjadi 4,0 (baik) pada saat OL kegiatan LS dan setelah kegiatan LS menjadi 4,1 (baik). Berdasarkan lembar observasi motivasi belajar pada kegiatan LS tampak motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada LS 1 motivasinya sebesar 85 % hingga pada LS yang terakhir motivasinya mencapai 95%. Berdasarkan jawaban angket respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran, siswa merespons positif melaksanaan LS. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Animalia (Vertebrata) untuk kelas X2 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 72,41%, meningkat pada pokok bahasan Ekosistem menjadi 89,65%. Ketuntasan klasikal pokok bahasan Animalia (Vertebrata) untuk kelas X9 sebesar 76,31%, meningkat pada pokok bahasan Ekosistem menjadi 91,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kegiatan LS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X2 dan kelas X9 di SMA Negeri 5 Malang. Dengan demikian kegiatan LS perlu dipertahankan, karena terbukti dapat berdampak positif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24845

Actions (login required)

View Item View Item