Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema manusia bijak menjaga kelestarian bumi untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Legga Putra Nuansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema manusia bijak menjaga kelestarian bumi untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Legga Putra Nuansa

Nuansa, Legga Putra (2012) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema manusia bijak menjaga kelestarian bumi untuk siswa SMP/MTs kelas VII / Legga Putra Nuansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci . Bahan Ajar IPA Terpadu Konstruktivisme Seiring diberlakukannya KTSP pada tahun ajaran 2006/2007 maka subtansi pelajaran IPA pada tingkat pendidikan SMP/MTs berubah menjadi IPA Terpadu. Pembelajaran terpadu ini menuntut bahan ajar yang terpadu pula. Bahan ajar merupakan salah satu sarana yang penting untuk menunjang proses pembelajaran karena itu perlu bahan ajar yang dapat mendukung keterlaksanaan pembelajaran di kelas. Maka dengan ini dikembangkan bahan ajar untuk pembelajaran IPA Terpadu dengan tema Manusia Bijak Menjaga Kelestarian Bumi. Pengembangan bahan ajar IPA Terpadu menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Adapun tahap pengembangannya antara lain sebagai berikut (1) tahap pengumpulan data (2) tahap perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) tahap validasi ahli (5) tahap revisi produk awal (6) tahap uji kelompok kecil (7) tahap revisi produk akhir. Tahapan validasi dilakukan oleh ahli bahan ajar IPA terpadu ahli materi Kimia dan Biologi serta ahli praktisi pendidikan. Uji coba kelompok kecil dilakukan sebatas pada keterbacaan bahan ajar dengan subjek coba 15 orang siswa di MTs Hasyim Asy ari yang telah menempuh materi yang diintegrasikan. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan kevalidan dari aspek bahan ajar sebesar 92 27%. Kevalidan dari aspek materi sebesar 90 32% dan dari aspek praktisi pendidikan sebesar 90 28%. Meski dari dari ketiga aspek menujukkan kevalidan namun revisi tetap dilakukan berdasarkan komentar saran dan kritik dari validator guna meningkatkan kualitas bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengacu pada seluruh tahapan pengembangan oleh Borg and Gall yakni uji coba lapangan (main field testing) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operasional product revision) penyempurnaan produk akhir (final product revision) desiminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Perlu dilakukan pengembangan bahan ajar untuk kompetensi dasar lainnya yang memungkinkan untuk diintegrasikan atau dipadukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item View Item