Mitasari, Zuni (2012) Pengembangan student worksheet materi sistem regulasi manusia untuk SMA RSBI kelas X1 dengan tecnology, and society berbasis inkuiri / Zuni Mitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Student Worksheet Sistem Regulasi Manusia SETS Inkuiri Mengacu pada Permendiknas no. 22 tahun 2006 tentang standar isi pembelajaran biologi SMA mengedepankan pengalaman untuk mencari tahu dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan standar kompetensi siswa dituntut untuk mampu memahami materi pembelajaran serta implikasinya pada salingtemas. Hasil observasi di SMA Negeri 5 Malang yang merupakan SMA RSBI menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa melakukan kegiatan inkuiri untuk menemukan konsep maupun penerapan dan pemanfaatannya serta dampak perkembangan sains terhadap lingkungan teknologi dan masyarakat ataupun sebaliknya. Selain itu bahan ajar di sekolah yang berupa student worksheet belum berbahasa Inggris. Padahal tuntutan bahan ajar di sekolah adalah menggunakan bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan student worksheet berbahasa Inggris untuk materi sistem regulasi manusia dengan pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) berbasis inkuiri. Pengembangan student worksheet merujuk pada model Thiagarajan yaitu Define Design Develop dan Disseminate (4D). Tahap define meliputi analisis situasi awal analisis siswa analisis tugas analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design merupakan tahap pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap develop meliputi pengembangan penulisan dan validasi student worksheet revisi I uji coba revisi II dan produk akhir hasil pengembangan. Tahap disseminate merupakan tahap penyebaran student worksheet secara luas. Penelitian ini terbatas sampai pada tahap yang ketiga yaitu tahap develop karena peneliti memberi kesempatan peneliti lain untuk melakukan diseminasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil validasi yang diperoleh dari empat validator yang terdiri dari dua dosen biologi dan dua guru biologi SMA. Instrumen data validasi berupa angket dengan skala Likert dan lembar saran. Uji coba dilakukan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Hasil validasi oleh validator ahli pendidikan dan ahli penerapan lapangan menunjukkan persentase rata-rata 87% dan validator ahli materi dengan persentase 95% keduanya memiliki kriteria sangat valid. Persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 89% dan sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 8805 85%. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 3 2 nilai tersebut termasuk dalam kategori motivasi baik. Student worksheet ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas dan perlu diujicobakan pada lingkup lebih luas untuk mengetahui keefektifan penggunaan student worksheet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24841 |
Actions (login required)
View Item |