Oktavisari, Devita (2012) Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem reproduksi manusia / Devita Oktavisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Sistem Reproduksi Manusia Konstruktivistik merupakan pendekatan utama dalam kurikulum yang meliputi penekanan pada upaya membangun pengetahuan yang bertumpu pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pendekatan konstruktivistik diantaranya adalah berbasis inkuiri. Berdasarkan hasil observasi selama PPL proses pembelajaran Biologi di SMAN 4 Malang memanfaatkan LKS. Struktur LKS tersebut diawali dengan sebuah materi yang dibawahnya terdapat pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya ada di buku sehingga siswa mengerjakan LKS cenderung menyalin dari buku saja. Pembelajaran seperti ini tidak melatih siswa berpikir secara sistematis. Padahal pembelajaran biologi sesuai dengan BSNP adalah dengan mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis sehingga penguasaan pengetahuan bukan hanya berupa fakta konsep dan prinsip saja tetapi juga suatu proses penemuan. Oleh karena itu penulis menawarkan suatu bahan ajar dalam bentuk modul yang bernuansa inkuiri untuk mengatasi permasalahan tersebut. Prosedur pengembangan modul menggunakan modifikasi model Thiagarajan atau dikenal dengan 4D (define design develop dan disseminate). Tahap define dilakukan untuk menganalisis situasi awal. Tahap design merancang perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Tahap develop melakukan pengembangan dan penulisan modul validasi modul revisi I uji coba modul revisi II dan dihasilkan produk akhir hasil pengembangan modul. Tahap disseminate merupakan tahap penggunaan modul pada skala yang luas. Tahap ini tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya penelitian. Produk hasil pengembangan berupa modul sistem reproduksi manusia berbasis inkuiri terbimbing yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain Do You Know Let s Hypothesize Let s Understand Let s Do Let s Explain Let s Conclude What Do You Know and Feedback. Hasil validasi menunjukkan ratarata persentase modul guru sebesar 94 82% dan modul siswa sebesar 91 65% keduanya memiliki kriteria sangat valid. Hal ini berarti bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan. Modul ini telah diujicobakan pada lingkup terbatas dan perlu diujicobakan pada lingkup yang lebih luas lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24838 |
Actions (login required)
View Item |