Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model SETS di RSBI SMA Negeri 2 Pare / Chitra Dewi Yulia Christie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model SETS di RSBI SMA Negeri 2 Pare / Chitra Dewi Yulia Christie

Christie, Chitra Dewi Yulia (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model SETS di RSBI SMA Negeri 2 Pare / Chitra Dewi Yulia Christie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan perangkat pembelajaran model SETS RSBI Seiring berkembangnya RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) perlu dikembangkannya perangkat pembelajaran biologi perpaduan kurikulum nasional dengan kurikulum internasional yang diadaptasi. Pengembangan perangkat pembelajaran biologi menggunakan model Science Environment Technology and Society (SETS) diharapkan mampu membantu guru dan meningkatkan penguasaan siswa untuk menghadapi perkembangan sains dan teknologi masa kini dengan mempertimbangkan dampak pada lingkungan dan masyarakat. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model SETS berdasarkan perpaduan standar nasional dan standar internasional (As Level) pada materi ekosistem telah dilakukan di kelas X-F RSBI SMA Negeri 2 Pare. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari beberapa bagian yaitu Buku Panduan Guru dan Buku Siswa. Buku Panduan Guru berisi Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta Penilaian. Buku Siswa berisi buku teks dan lembar kegiatan siswa. Penelitian pengembangan ini berdasarkan model pengembangan Borg and Gall dengan langkah-langkah analisis kebutuhan pengembangan produk awal validasi oleh ahli dan dilakukan revisi terhadap produk yang telah divalidasi oleh ahli uji coba di SMAN 2 Pare dan revisi akhir produk. Data yang diperoleh dari penelitian tersebut berupa data kualitatif (saran dan komentar baik dari validator observer maupun siswa) dan data kuantitatif (skor hasil penilaian produk dari validator dan skor penilaian pelaksanaan uji coba produk oleh observer dan siswa). Teknik analisis data yang dilakukan untuk data kuantitatif yaitu dengan menghitung persentase jawaban dan dilihat tingkat kevalidannya sedangkan data kualitatifnya berdasarkan saran dan komentar yang digunakan sebagai acuan merevisi produk perangkat pembelajaran. Data uji coba dikelas digunakan untuk melihat keterlaksanan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian dari para validator ahli pengembangan dan ahli materi diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran secara umum dengan kriteria valid/baik/layak yaitu dengan skor dari ahli pengembangan sebesar 96 74% sedangkan dari ahli materi sebesar 86 89%. Hasil uji coba di kelas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil analisis gain score yang diperoleh sebesar 0 5. Hasil keterlaksanaan pembelajaran dikelas menunjukkan bahwa siswa antusias dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24837

Actions (login required)

View Item View Item