Milarsih, Tatit (2012) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri yang dipadu dengan number head together untuk meningkatakan aktifitas dan hasil belajar biologi kelas x-3 di SMAN 6 Malang / Tatit Milarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran kontekstual inkuiri number head together aktivitas hasil belajar Pengamatan awal dilakukan dalam proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 6 Malang kelas X-3 ditemukan fakta bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah yang ditandai dengan siswa cenderung pasif dalam mengajukan pertanyaan maupun jawaban. Hasil belajar siswa juga tergolong rendah yaitu hanya 52 63% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan minimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu dilaksanakan penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuri. Metode tersebut dipilih karena siswa akan diberikan pengalaman sendiri dan akan dilatih menemukan sendiri suatu pemecahan masalah. Untuk meningkatkan aktivitas belajar yang berupa ranah afektif yaitu penerimaan penanggapan penilaian pengorganisasian nilai dan pembentukan sikap maka pada penelitian ini memadukan metode inkuiri dengan metode kooperatif yaitu Number Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 6 Malang kelas X-3 pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan inkuiri terbimbing yang dipadu dengan Number Head Together. Penelitian ini dilaksanakan SMA Negeri 6 Malang yaitu di kelas X-3 dengan jumlah siswa 38. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan penilitan ini tergolong penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar pengamatan dan tes tiap akhir siklus. Kegiatan analisis data dilakukan setelah data-data yang diperoleh telah terkumpul. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan dengan cara observasi terhadap setiap siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan mencatat pada lembar observasi aktivitas. Secara keseluruhan rata-rata presentase aktivitas belajar klasikal siswa meningkat dari 69 98% pada siklus I menjadi 74 83% pada siklus II. Pengamatan hasil belajar dilakukan dengan melakukan tes kognitif pada setiap akhir siklus. Berdasarkan data pengamatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78 94% menjadi 86 84% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24835 |
Actions (login required)
View Item |