Suryansyah, Rinaldi (2012) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema udara kelas VIII-E SMPN 12 Malang / Rinaldi Suryansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Paket IPA terpadu Motivasi dan Hasil Belajar. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi matapelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Penelitian evaluatif yang dilaksanakan di SMP Negeri Malang Raya menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu masih mengalami berbagai masalah sehingga pada tahun 2010 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema udara oleh Nilasari. Paket IPA ini sudah divalidasi kelompok ahli tetapi sampai sekarang belum diterapkan di sekolahsekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMPN 12 Malang kelas VIII-E. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Data dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan teknik statistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang terdiri atas 2 siklus dengan prosedur observasi awal refleksi awal perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan mengamati tindakan dan merefleksi pada tiap siklusnya. Intrumen pada penelitian ini lembar observasi motivasi angket motivasi soal tes lembar penilaian keterampilan kerja ilmiah lembar penilaian laporan lembar observasi guru dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII-E SMPN 12 Malang meningkat pada 6 aspek penilaian yaitu aspek perhatian lama belajar usaha irama perasaan ekstensi dan penampilan. Rata-rata kualitas motivasi pada siklus I adalah Baik (B) sedangkan rata-rata kualitas motivasi pada siklus II adalah Sangat Baik (A). Sedangkan ketuntasan belajar meningkat dari prasiklus (84 21%) siklus I (94 73%) siklus II (100%). Keterampilan kerja ilmiah siswa juga meningkat dengan rata-rata siklus I (56 018) dan siklus II (80 092). Peningkatan juga terjadi pada nilai rata-rata laporan keterampilan kerjailmiah yaitu siklus I (72.76) dan siklus II (80.52). Dianjurkan menggunakan kelas khusus untuk penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme. Guru diharapkan dapat menerapkan IPA terpadu dengan materi selain sistem pernapasan serta guru diharapkan memberikan bimbingan dan motivasi yang lebih baik agar siswa dengan bersemangat dapat melakukan percobaan dan pengamatan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24834 |
Actions (login required)
View Item |