Penerapan pembelajaran berbasis blended learning melalui lesson study pada materi sistem ekskresi dan regulasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Dwi Indah Pramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis blended learning melalui lesson study pada materi sistem ekskresi dan regulasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Dwi Indah Pramadani

Pramadani, Dwi Indah (2012) Penerapan pembelajaran berbasis blended learning melalui lesson study pada materi sistem ekskresi dan regulasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 7 Malang / Dwi Indah Pramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Blended Learning Lesson Study Motivasi Hasil Belajar. Penerapan pembelajaran berbasis Blended Learning (BL) melalui Lesson Study (LS) ini berarti dalam kegiatan belajar dan mengajar guru menerapkan BL yaitu terdapat kegiatan tatap muka dan kegiatan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline) dan dalam perencanaan pelaksanaan dan juga refleksinya menerapkan prinsip pada LS. LS digunakan sebagai cara bagi guru untuk belajar membelajarkan siswa dan untuk meningkatkan keprofesionalan guru. Penerapan pembelajaran berbasis BL melalui LS memungkinkan terciptanya pembelajaran yang lebih terorganisasi bervariasi mengikuti perkembangan global dan teknologi serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan penerapan pembelajaran berbasis BL melalui LS terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 7 Malang dan menjelaskan apersepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis BL. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi angket dokumentasi dan tes tulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA 1 XI IA 2 dan XI IA 3 SMAN 7 Malang semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2012 di SMAN 7 Malang Jl. Cengger Ayam I/14 Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar monitoring keterlaksanaan pembelajaran berbasis BL (Plan Do See) angket respons siswa terhadap pembelajaran berbasis BL angket keterlaksanaan kegiatan pembelajaran angket motivasi siswa model ARCS lembar observasi motivasi belajar siswa tes tulis dan rubrik performance assessment. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran berbasis BL melalui LS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 7 Malang. Selain itu apersepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis BL yaitu pembelajaran berbasis BL dapat meningkatkan rasa senang belajar meningkatkan pemahaman siswa meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan pengetahuan individu. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada beberapa pihak sebagai berikut 1) menjadikan pembelajaran berbasis BL sebagai alternatif pembelajaran di kelas pada pelajaran biologi dengan dimulai menerapkan model implementasi BL yang paling sederhana 2) menerapkan LS sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keprofesionalan guru dan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran 3) Menerapkan model implementasi BL yang lebih tinggi tingkatannya dan dalam penerapannya melalui LS lebih sering melibatkan dosen pembimbing dan lebih banyak observer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24833

Actions (login required)

View Item View Item