Pengembangan perangkat kurikulum terpadu mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Negeri Batu / Khoridah Sativa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat kurikulum terpadu mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Negeri Batu / Khoridah Sativa

Sativa, Khoridah (2012) Pengembangan perangkat kurikulum terpadu mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Negeri Batu / Khoridah Sativa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perangkat kurikulum terpadu IPA SMP bahan kajian IPA IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis se-hingga IPA bukan hanya penguasaan konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja. Struktur IPA SMP/MTs berdasarkan Permendiknas nomor 22 tahun 2005 substan-sinya adalah materi IPA terpadu sehingga kurikulum IPA di jenjang ini merupa-kan kurikulum terpadu yang tidak ada pemisahan anatara pembelajaran biologi fi-sika dan kimia. Pendekatan yang digunakan juga diusahakan bersifat integral. MTs Negeri Batu menjalankan KTSP sebagai kurikulum untuk mewujudkan visi dan misi MTs Negeri Batu. Khusus pada mata pelajaran IPA MTs Negeri Batu belum menerapkan IPA terpadu. Pembelajaran IPA yang pernah diterapkan dinilai kurang efektif dan menurunnya hasil UAN. Hal ini disebabkan guru harus me-ngajar dua bidang sekaligus dimana guru hanya berlatar belakang disiplin ilmu tertentu tidak adanya contoh silabus dan RPP terpadu yang representatif dan ku-rangnya pengetahuan guru mengenai model-model keterpaduan kurikulum. Pe-rangkat kurikulum terpadu yang dikembangkan terbatas pada silabus dan RPP ter-padu untuk kelas VIII semester ganjil untuk bahan kajian tertentu. Model-model kurikulum terpadu yang digunakan adalah model kurikulum terpadu miliki Robin Fogarty. Model keterpaduan ini berjumlah 10 namun hanya 3 model saja yang digunakan untuk mengembangkan silabus dan RPP terpadu de-ngan menyesuaikan bahan kajian yang ada pada semester ganjil tersebut. Model keterpaduan yang dikembangkan adalah model connected nested dan shared. Ke-mudian dari model pemaduan tersebut dikembangkan perangkat kurikulum terpa-du satu model pemaduan satu topik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat kurikulum terpadu berupa silabus dan RPP terpadu menggunakan model keterpaduan Fogarty. Pe-rangkat yang dikembangkan adalah silabus terpadu model connected silabus ter-padu model nested silabus terpadu model shared RPP terpadu model conneted RPP terpadu model nested dan RPP terpadu model shared. Pengembangan pe-rangkat kurikulum terpadu menggunakan model penelitian dan pengembangan R D Borg dan Gall yang telah disederhanakan dan dipadukan dengan alur pe-ngembangan kurikulum IPA SMP/MTs. Tahap-tahap penelitian dan pengemba-ngan yaitu (a) studi pendahuluan (b) perancangan program c) pengembangan program yang mencakup penyusunan silabus dan RPP terpadu dan d) validasi program yang mencakup penilaian kelayakan produk uji coba pelaksanaan RPP terpadu kelompok kecil dan revisi produk. Validasi isi melibatkan dua orang do-sen jurusan Biologi FMIPA UM dan dua orang guru IPA MTs Negeri Batu se dangkan uji coba pelaksanaan RPP terpadu kelompok kecil dilakukan kepada 5 orang siswa kelas VIII MTs Negeri Batu. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuan-titatif diperoleh dari pengubahan skor kumulatif yang diperoleh dari validator ter-hadap masing-masing kisi angket menjadi data persentase serta hasil penilaian sis-wa respon siswa dan keterlaksanaan RPP terpadu pada uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil validasi masing-masing perangkat kurikulum memperoleh per-sentase kelayakan secara berturut-turut silabus terpadu model connected 85.05% silabus terpadu model nested 84.38% silabus terpadu model shared 84.6% RPP terpadu model connected 90.73% RPP terpadu model nested 91.35% dan RPP terpadu model shared 89.34%. Beberapa revisi dilakukan berdasarkan data kua-litatif berupa saran perbaikan. Pada akhir penelitian ini dihasilkan produk berupa silabus dan RPP terpadu sebagai perangkat kurikulum terpadu mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Negeri Batu yang dinyatakan layak dan dapat menjadi al-ternatif pembelajaran terpadu di MTs Negeri Batu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24832

Actions (login required)

View Item View Item