Pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Bea Hana Siswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Bea Hana Siswati

Siswati, Bea Hana (2012) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Bea Hana Siswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbered Heads Together metakognitif hasil belajar. Kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan yang pada umumnya bertujuan membawa anak didik menuju pada keadaan yang lebih baik. Keaktifan siswa dalam belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar oleh karena itu dalam mengembangkan keaktifan siswa diperlukan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran numbered heads together (NHT). Model NHT berpotensi untuk mengembangkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa karena dengan menggunakan model pembelajaran NHT siswa menjadi siap dalam pembelajaran dan dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh. Tujuan penelitian ini ialah 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap ketrampilan metakognitif siswa kelas XI SMAN 1 Ngoro Mojokerto 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Ngoro Mojokerto. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model pembelajaran (numbered heads together) dan model pembelajaran multistrategi. Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Ngoro Mojokerto. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI-IA1 sebagai kelas kontrol dan XI-IA2 sebagai kelas perlakuan. Keterampilan metakognitif diukur menggunakan rubrik metakognitif. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes essay. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05). Sebelum uji anakova dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan levene tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) Model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif 2) Model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Model pembelajaran NHT terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar dan disarankan bagi guru untuk mencoba mengimplementasikan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24830

Actions (login required)

View Item View Item