Telaah rencana pelaksanaan pembelajaran guru biologi SMA Negeri 1 Pagak dalam implementasi kurikulum tingkst satuan pendidikan berdasarkan standar proses / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Telaah rencana pelaksanaan pembelajaran guru biologi SMA Negeri 1 Pagak dalam implementasi kurikulum tingkst satuan pendidikan berdasarkan standar proses / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2012) Telaah rencana pelaksanaan pembelajaran guru biologi SMA Negeri 1 Pagak dalam implementasi kurikulum tingkst satuan pendidikan berdasarkan standar proses / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru Biologi SMA Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan standar proses Kemampuan seorang guru tidak hanya pandai dalam menyampaikan materi saja akan tetapi keterampilan dalam membuat perangkat pembelajaran juga sangat dibutuhkan khususnya RPP karena RPP merupakan sarana dan prasarana yang memudahkan bagi seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Dalam pengembangan RPP pemerintah menyusun standar proses yang berisi aturan-aturan untuk dijadikan pedoman oleh guru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Negeri 1 Pagak sudah membuat perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP hanya saja perlu ditelaah apakah RPP yang dibuat tersebut sudah mengikuti aturan RPP yang terdapat dalam standar proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen dan isi RPP guru Biologi SMA Negeri 1 Pagak dalam implementasi KTSP berdasarkan standar proses. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (analisis dokumen) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pagak. Pengambilan data dilakukan dengan cara teknik sampling yaitu simple random sampling melalui pengundian. Subjek penelitian adalah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas X XI dan XII yang dibuat oleh guru Biologi SMA Negeri 1 Pagak. Sampel yang digunakan yaitu 50% dari jumlah populasi RPP dari setiap kelas dengan rincian RPP kelas X berjumlah 7 RPP kelas XI berjumlah 7 dan RPP kelas XII berjumlah 8. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah Rubrik Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kriteria penilaian kesesuaian persentase hasil analisis. Berdasarkan data hasil penemuan dan pembahasan maka diperoleh dua kesimpulan dari hasil penelitian yaitu (1) hasil telaah komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru Biologi SMA Negeri 1 Pagak berdasarkan standar proses tergolong sangat baik dan (2) hasil telaah isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru Biologi SMA Negeri 1 Pagak berdasarkan standar proses masih tergolong kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item View Item