Hariyanto, Narendra Ichiputra (2012) Studi kasus tentang penerapan kaidah-kaidah standar nasional pendidikan pada pembelajaran biologi di RSBI SMA Negeri 3 Malang / Narendra Ichiputra Hariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) SMA Negeri 3 Malang Kaidah standar nasional pendidikan Karakteristik pembelajaran biologi Penerapan kaidah-kaidah standar nasional pendidikan menjadi indikator minimal pengembangan sekolah berstandar internasional (SBI). Biologi termasuk kelompok mata pelajaran yang menjadi sasaran utama kurikulum integrasi rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Tinjauan awal terhadap pembelajaran biologi di RSBI SMA Negeri 3 Malang menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran biologi sesuai standar nasional pendidikan belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan kaidah-kaidah standar nasional pendidikan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran biologi serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa di RSBI SMA Negeri 3 Malang. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan bentuk studi kasus terhadap penerapan kaidah-kaidah Standar Nasional Pendidikan pada pembelajaran biologi semester genap tahun ajaran 2010/2011 di RSBI SMA Negeri 3. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis dokumen (silabus dan RPP) angket siswa observasi pelaksanaan pembelajaran biologi serta wawancara dengan guru pengajar biologi kelas X XI dan XII pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan kaidah-kaidah standar nasional pendidikan belum terpenuhi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Malang. Perencanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Malang mengutamakan penambahan muatan dari kurikulum internasional dengan metode adaptasi adopsi dan unchanged. Sistematika urutan komponen dalam silabus masih tidak teratur sehingga keterkaitan antar komponen tidak tampak. Pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Malang mengutamakan penguasaan pengetahuan sebagai produk. Pembelajaran biologi sebagai sebuah proses sudah diusahakan terlaksana dengan memasukkan kegiatan eksperimen dan diskusi tetapi pelaksanaannya masih belum memenuhi kaidah-kaidah Standar Nasional Pendidikan dalam pembelajaran biologi. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar biologi umumnya menggunakan tes tulis. Siswa yang belum memenuhi standar kompetensi minimum akan mendapat kegiatan remedial berupa tes ulang tanpa kegiatan terstruktur untuk mempelajari kembali materi yang belum dikusai. Komponen-komponen penyusun silabus sebaiknya ditata dalam urutan sistematika yang tepat untuk menunjukkan keterkaitan masing-masing komponen. Proses pembelajaran sebaiknya lebih mengutamakan pembelajaran biologi sebagai sebuah proses penemuan oleh siswa secara aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24828 |
Actions (login required)
View Item |