Pengaruh penggunaan pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 18 Malang pada materi sistem dalam kehidupan tumbuhan / Risa Nursanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 18 Malang pada materi sistem dalam kehidupan tumbuhan / Risa Nursanti

Nursanti, Risa (2012) Pengaruh penggunaan pembelajaran quantum teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 18 Malang pada materi sistem dalam kehidupan tumbuhan / Risa Nursanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Quantum Teaching Mind Mapping Motivasi Hasil Belajar. Proses belajar akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang. Untuk mengetahui seberapa jauh perubahan itu terjadi perlu adanya penilaian dari hasil belajarnya. Dalam dunia pendidikan kualitas pembelajaran mengambil peran penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai model pembelajaran yang inovatif bervariasi fleksibel menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping. Model ini merupakan salah satu model yang inovatif untuk mengajarkan materi Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan pada Siswa Kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional yang menggunakan berbagai metode dalam pembelajarannya. Hasil belajar siswa yang diukur dalam penelitian meliputi hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotor. Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan C. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Data motivasi dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari hasil pre test dan post test dianalisis statistik dengan menggunakan teknik Anakova sedangkan data hasil belajar psikomotor dianalisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping dan yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi 5 56% dibanding dengan siswa kelas kontrol (2) ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping dan yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi 13 57% dibanding dengan siswa kelas kontrol. Sedangkan hasil belajar psikomotor siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata klasikal lebih tinggi yakni sebesar 82 dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 76. Peneliti menyarankan pembelajaran model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping dapat diterapkan di sekolah-sekolah sebagai alternatif dalam pembelajaran biologi karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24827

Actions (login required)

View Item View Item