Implementasi model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Ika Meysiswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Ika Meysiswati

Meysiswati, Ika (2012) Implementasi model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Ika Meysiswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif STAD motivasi aktivitas hasil belajar Penelitian Tindakan Kelas telah dilakukan di SMP Negeri I Boyolangu Tulungagung mulai tanggal 13 November 2009 sampai dengan 15 Desember 2009. Peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi biologi kelas VIIID di SMP Negeri I Boyolangu untuk menemukan permasalahan dan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran biologi di kelas. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung diketahui bahwa hasil belajar biologi masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil SKBM (Standart Ketuntasan Belajar Minimal) klasikal untuk bahasan Sistem Gerak hanya sebesar 30 95% (hanya 13 siswa dari 42 siswa yang mencapai tuntas belajar). Di samping itu dari hasil observasi di kelas diperoleh permasalahan yang dihadapi guru pada saat proses pembelajaran antara lain kurangnya motivasi belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya antusias siswa dalam menanggapi pertanyaan yang diajukan guru serta sedikitnya siswa yang mau menjawab pertanyaan guru (3 siswa yang duduk di jajaran bangku depan). Dalam hal aktivitas belajar banyak kelompok yang tidak mau melaporkan hasil diskusi kelompoknya. Selain itu masih banyak siswa yang mendominasi dalam kelompoknya. Melalui diskusi dengan guru mata pelajaran biologi di SMP Negeri I Boyolangu Tulungagung maka peneliti berkolaborasi dengan guru mencari solusi sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar aktivitas belajar kooperatif dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian yang relevan dilakukan oleh Indriani (2006) membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian yang dilakukan Sa adah (2003) membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar kooperatif dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) tediri dari 2 siklus masingmasing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD. Untuk motivasi belajar terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 31 9% untuk aspek usaha 13 9% untuk aspek perhatian dan 8 3% untuk aspek penampilan. Untuk aktivitas belajar kooperatif masing-masing kelompok umumnya mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 29% pada kelompok IV 8% pada kelompok V 18 % pada kelompok VI 12 4% pada kelompok VII dan 29% pada kelompok VIII. Aktivitas belajar kooperatif siswa per elemen kooperatif juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 15 63% untuk elemen kooperatif pertanggungjawaban individu 12 5% untuk keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok serta 28% untuk elemen kooperatif keefektivan proses kelompok. Hasil belajar terjadi peningkatan SKBM (Standart Ketuntasan Belajar Minimal) klasikal sebesar 47 62% dari sebelum perlakuan ke siklus I dan peningkatan sebesar 7 13% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item