Pengembangan CD interaktif pembelajaran biologi materi bakteri (KD 2.2) untuk siswa kelas X SMA/MA dengan pendekatan inkuiri / Fika Anugeraheni

Anugeraheni, Fika (2012) Pengembangan CD interaktif pembelajaran biologi materi bakteri (KD 2.2) untuk siswa kelas X SMA/MA dengan pendekatan inkuiri / Fika Anugeraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, CD interaktif, bakteri, kelas X SMA/MA, pendekatan inkuiri. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis. Biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala kehidupan, baik yang kasat mata maupun yang tidak kasat mata. Bakteri sebagai salah satu materi dalam biologi merupakan organisme prokariotik, uniseluler, bersifat heterotrof dan memiliki ukuran tubuh renik. Berdasarkan wawancara diketahui bahwa sifat abstrak pada bakteri disertai istilah-istilah asing yang membingungkan menjadi alasan bagi kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi bakteri. Agar materi bakteri lebih mudah dipahami, maka perlu adanya media yang dapat mengkomunikasikan materi tentang bakteri kepada siswa, oleh karena itu dilakukan penelitian berupa pengembangan CD interaktif untuk materi bakteri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model the ASSURE dengan pendekatan inkuiri. Tahapan dalam model the ASSURE yaitu menganalisis pelajar, menyatakan tujuan, memilih metode; media; dan bahan, menggunakan media dan bahan, partisipasi pelajar dalam kelas, serta melakukan penilaian dan revisi. Hasil pengembangan diperoleh dua macam produk yaitu CD interaktif yang terdiri dari komponen-komponen seperti animasi, teks, audio, dan fasilitas berupa tombol-tombol navigasi, dan buku panduan guru sebagai acuan guru ketika menggunakan CD interaktif materi bakteri. CD interaktif dibuat dengan bantuan software Adobe Flash CS 5. Persentasi hasil validasi diperoleh rata-rata sebesar 87,09%, dan 87,01% dalam uji terbatas. Persentase ini menunjukkan bahwa media CD interaktif materi bakteri beserta panduan guru hasil pengembangan baik dari segi isi maupun tampilan dan kemudahan dalam penggunaan sudah layak dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran materi bakteri di sekolah. Uji terbatas pada siswa juga menunjukkan peningkatan nilai pasca tes dibandingkan nilai pra tes. Agar dapat mengetahui efektifitas CD interaktif, media hasil pengembangan ini perlu diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang sebenarnya baik dalam skala kelas maupun pemanfatan secara mandiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item