Hutami, Pristiana Aprilia Fiska (2012) Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang / Pristiana Aprilia Fiska Hutami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) lesson study kemampuan pedagogik guru hasil belajar siswa Salah satu upaya Universitas Negeri Malang untuk menyiapkan para calon guru adalah dengan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Bentuk kegiatan PPL telah mengalami berbagai perkembangan dan kemajuan yaitu diadopsinya lesson study. Kegiatan PPL berbasis lesson study diharapkan mampu meningkatkan keefektifan tujuan PPL yaitu menyiapkan calon guru untuk mampu meningkatkan kemampuan pedagogiknya. Dengan meningkatnya kemampuan pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan implementasi PPL berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School Malang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Brawijaya Smart School Malang serta peneliti sendiri yang merupakan mahasiswa PPL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi PPL berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru. Pada open lesson I nilai kemampuan pedagogik guru sebesar 68 6 sedangkan pada open lesson V nilai kemampuan pedagogik guru meningkat menjadi 77 25. Peningkatan kemampuan pedagogik guru tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Pada lesson study pertama taraf ketuntasan klasikal siswa kelas X-2 sebesar 69 23% sedangkan pada lesson study keempat taraf ketuntasan klasikal siswa kelas X-2 mengalami peningkatan menjadi 88 46%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi PPL berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru dan hasil belajar siswa. Dari hasil open class guru dapat mengkaji dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membuat suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa melalui penerapan metode yang melibatkan kerja sama antar siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajarnya mengalami peningkatan. Penerapan lesson study dalam kegiatan PPL sebaiknya terus dikembangkan agar mahasiswa calon guru memiliki bekal untuk menjadi guru yang professional. Pembelajaran berbasis lesson study akan benar-benar berdampak positif bagi dunia pendidikan jika dilakukan secara continue. Oleh karena itu guru diharapkan melaksanakan lesson study secara rutin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24821 |
Actions (login required)
View Item |