Pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis e-learning multimedia untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran kewirausahaan di sekolah se-malang raya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis e-learning multimedia untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran kewirausahaan di sekolah se-malang raya

Kusdiyanti, Heny and Zanky, Mokhammad Nurruddin and Sarbini, Sarbini and Panduwinata, Lifa Farida and Wati, Andy Prasetyo and Wulandari, Anik and Arianto, Dedy (2018) Pengembangan media pembelajaran yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis e-learning multimedia untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran kewirausahaan di sekolah se-malang raya. Project Report. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
fullteks.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen dalam pembelajaran karena berisi materi atau informasi yang akan disampaikan guru untuk siswanya. Media pembelajaran dapat dibuat dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Salah satu contoh media pembelajaran yang dapat dibuat dengan memanfaatkan fasilitas sekolah yaitu menggunakan software. Software tersebut merupakan software pengolah video yang dapat menggabungkan teks, gambar, suara/audio, dan video menjadi satu komponen serta mudah dalam pengoperasiannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran Kewirausahaan. Produk media pembelajaran ini berupa CD (Compact Disc) yang dikemas ke dalam kotak yang dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan agar memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya. Penelitian ini menggunakan modifikasi model penelitian yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu 4-D (define, design, develop, and disseminate) dan model penelitian yang dikembangkan oleh Walter Dick&Lou Carey (1990) atau yang biasa dikenal dengan model Dick&Carey. Tahapan dari penelitian ini terdiri dari: (1) Define/ Pendefinisian (identifikasi tujuan pembelajaran); (identifikasi karakteristik siswa); (analisis tugas); (merumuskan tujuan kinerja), (2) Design/ Perancangan (mengonstruksi tes beracuan); (pemilihan media); (desain awal), (3) Develop/ Pengembangan (validasi ahli); (uji coba lapangan terbatas); (uji coba lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Angket diberikan kepada dua validator ahli materi, dua validator ahli media, dan siswa. Validasi ahli dilakukan sebanyak tiga kali yaitu produk awal, setelah uji coba lapangan terbatas, dan setelah uji coba lapangan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Edukatif, Inovatif, E-Learning Multimedia

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Laporan Karya Ilmiah FEB
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:37
Last Modified: 08 Jun 2023 07:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item