Peningkatan proses kooperatif dalam pembelajaran biologi dengan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep di SMAK Frateran Malang / Retnayu Dini Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan proses kooperatif dalam pembelajaran biologi dengan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep di SMAK Frateran Malang / Retnayu Dini Cahyani

Cahyani, Retnayu Dini (2012) Peningkatan proses kooperatif dalam pembelajaran biologi dengan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep di SMAK Frateran Malang / Retnayu Dini Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci praktikum proses kooperatif keterampilan proses pemahaman konsep. Dalam pembelajaran IPA khususnya biologi praktikum merupakan bagian yang sangat penting karena kegiatan inilah yang membedakan antara IPA dengan mata pelajaran lain selain IPA. Dari hasil obeservasi ditemukan bahwa pembelajaran praktikum siswa SMAK Frateran jarang dilakukan. Dan ditemukan bahwa pemahaman konsep dan keterampilan proses sains yang rendah. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa adalah dengan membelajarakan praktikum yang kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjadikan kerja kelompok dalam praktikum yang tidak bersifat kooperatif meningkat menjadi bersifat kooperatif 2) untuk mengetahui apakah kerja kelompok dalam praktikum yang bersifat kooperatif dapat meningkatkan keterampilan proses 3) untuk mengetahui apakah kerja kelompok dalam praktikum yang bersifat kooperatif dapat meningkatkan pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus I dan II secara berturut-turut dilaksanakan sebanyak tiga kali dan dua kali pertemuan. Materi yang diajarkan pada siklus I adalah Uji Bahan Makanan sedangkan pada siklus II membahas Sistem Pencernaan Vertebrata (Ikan Mas Katak Burung Merpati dan Marmut). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah proses praktikum proses kooperatif keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan praktikum dari yang tidak bersifat kooperatif menjadi bersifat kooperatif dengan meningkatnya unsur-unsur kooperatif. 1) Peningkatan unsur saling ketergantungan positif saat siswa memberikan kontribusi menulis laporan kelompok memerankan observer recorder dan motor menyumbangkan literatur untuk kelompoknya duduk dalam 1 meja dan berhadapan saat kelompok meraih prestasi di dalam kelas secara umum meningkat 74% pada siklus I menjadi 77% terlaksana pada siklus II. 2) Peningkatan unsur pertanggungjawaban individu saat siswa memenuhi tugasnya membuat diagram alir dalam kelompok siswa melakukan tes individual dan menjawab pertanyaan guru saat diskusi dan bergiliran berbicara dalam kelompok dari 61% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II terlaksana. 3) Peningkatan unsur keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok dari 58% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II terlaksana dengan menunjukkan indikator menunjukkan kebenaran dalam membuat diagram alir bertanya mengenai materi pelajaran kepada guru dan teman memberi motivasi dan sanggahan saat praktikum berlangsung. 4) Peningkatan unsur evaluasi dari 68% pada siklus I

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24819

Actions (login required)

View Item View Item