Aprilisa, Ema (2012) Penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan mind map untuk meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Negeri 7 Malang / Ema Aprilisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci inkuiri mind map metakognisi hasil belajar Metakognisi (metacognition) merupakan suatu istilah yang diperkenalkan oleh Flavell yang berarti berpikir tentang proses berpikir itu sendiri. Proses belajar yang belum memperhatikan metakognisi siswa merupakan salah satu penyebab hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran Biologi yang berlangsung di kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang terlihat bahwa proses pembelajaran belum memperhatikan metakognisi siswa dan hasil belajar siswa masih rendah. Model pembelajaran yang diterapkan untuk memperbaiki metakognisi dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran inkuiri dengan mind map. Model pembelajaran inkuiri dilaksanakan berdasarkan tahapan menurut Llewellyn (2002) dengan modifikasi yaitu setiap kelompok merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran siswa merencanakan prosedur sekaligus mencari informasi mengenai pemecahan masalah atau pertanyaan yang telah diajukan secara berkelompok lalu siswa menyimpulkan hasil belajar dalam bentuk mind map. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Analisis data evaluasi dan refleksi mengenai matakognisi dan hasil belajar siswa dilakukan secara deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Berdasarkan data yang diperoleh saat dilakukan tindakan terlihat bahwa terjadi peningkatan proses belajar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai laporan hasil pengamatan dan diskusi siswa dari 49 38 pada siklus I menjadi 80 79 pada siklus II. Rata-rata nilai mind map yang dibuat siswa siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 68 06 menjadi 73 41 pada siklus II. Metakognisi siswa meningkat dari sklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai metakognisi siswa yaitu 33 17 pada siklus I menjadi 36 09 pada siklus I. Peningkatan metakognisi siswa seiring dengan peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai tes hasil belajar kognitif pada siklus I yaitu 74 09 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 62 97% menjadi 78 23 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 68 57% pada siklus I. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan mind map dapat meningkatkan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 7 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24817 |
Actions (login required)
View Item |