Tinjauan pengembangan kurikulum operasional pembelajaran biologi kelas 7 International Class Program (ICP) SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Komang Ayu Wirastini - Repositori Universitas Negeri Malang

Tinjauan pengembangan kurikulum operasional pembelajaran biologi kelas 7 International Class Program (ICP) SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Komang Ayu Wirastini

Wirastini, Komang Ayu (2012) Tinjauan pengembangan kurikulum operasional pembelajaran biologi kelas 7 International Class Program (ICP) SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Komang Ayu Wirastini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan kurikulum operasional pembelajaran Biologi SD Laboratorium Kurikulum yang dikembangkan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau disingkat KTSP. Sekolah dapat memperkaya kurikulum standar nasional dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju lainnya. Sekolah yang menggunakan kurikulum salah satu negara anggota OECD atau negara maju lainnya disebut sebagai SBI. Pada prinsipnya SBI dapat memberikan jaminan mutu pendidikan dengan standar yang lebih tinggi dari Sekolah Standar Nasional (SSN) sehingga memiliki daya saing di forum internasional. Kritik paling mendasar adalah adanya kesalahan asumsi dari pengembang sekolah bahwa SBI harus fokus dalam pembelajaran berbahasa Inggris dengan menggunakan media pendidikan mutakhir dan canggih seperti laptop LCD dan VCD. Fokus SBI adalah pengembangan kurikulum operasional (kurikulum standar nasional yang diperkaya dengan kurikulum salah satu negara anggota OECD atau negara maju lainnya). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeksripsikan pengembangan dan penerapan kurikulum operasional SD Lab UM pada pembelajaran Biologi serta lesson learn yang didapatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik alamiah. Data dianalisis dari hasil wawancara observasi dan analisis dokumen menggunakan metode triangulasi dan pandangan para ahli. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama pengembangan kurikulum operasional SD Lab UM termasuk ke dalam model pengembangan administratif (line staff). Kedua penerapan kurikulum operasional SD Lab UM dilakukan melalui pembelajaran inkuiri saintifik dan belajar tuntas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. Ketiga lesson learn yang dapat dipetik adalah kelebihannya a) SD Lab UM merupakan sekolah nasional yang mengembangkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum Cambridge b) mencetak lulusan yang kompetitif di lingkungan nasional dan internasional c) pengembangan kurikulum operasional dilakukan secara mandiri. Tantangan yang dihadapi adalah a) peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran yang berstandar internasional b) peningkatan fasilitas sekolah sehingga akses belajar siswa semakin meningkat termasuk di dalamnya pengadaan laboratorium sains dan ruangan berbasis ICT di setiap kelas c) pemberdayaan kelompok kerja guru sebidang studi meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24816

Actions (login required)

View Item View Item