Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Endang Sriwidati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Endang Sriwidati

Sriwidati, Endang (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Endang Sriwidati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Aktivitas Belajar Biologi Hasil Belajar Biologi TGT Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru biologi maupun siswa di SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung pada tanggal 27 Agustus 2009 diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran biologi di kelas masih kurang lancar karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran siswa kurang berani menyampaikan pendapat ide gagasan pertanyaan dan sanggahan terhadap pertanyaan dan penjelasan guru siswa memiliki kesulitan untuk memahami konsep-konsep biologi siswa juga cenderung bersaing dalam belajar dan kurang mau bekerjasama sehingga hasil belajar yang dicapai siswa juga rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung dengan model pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 November 2009 sampai dengan hari kamis tanggal 10 Desember 2009. Data penelitian berupa aktivitas belajar siswa yang mencakup aspek menghargai pendapat mengambil giliran dan berbagi tugas bertanya dan memeriksa jawaban yang diperoleh melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59 53% dengan kategori baik meningkat menjadi 78 57% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata kelas sebesar 71 92 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 71 43% meningkat menjadi 78 75 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95 24% pada siklus II. Penelitian memperlihatkan model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Disarankan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT pada materi selain materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa guru disarankan memotivasi siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dapat memudahkan siswa untuk belajar guru disarankan membangkitkan aktivitas siswa dengan menggunkan model pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24815

Actions (login required)

View Item View Item