Maghfiroh, Alfi (2012) Penerpan metode pembelajaran problem solving dipadu metode think pair share TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpkir dan hasil belajar siswa kelas VII-A MTS Surya Buanan Malang / Alfi Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Metode Pembelajaran Problem Solving dipadu Metode TPS kemampuan berpikir hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VII-A MTs Surya Buana Malang menunjukan bahwa kemampuan berpikir siswa masih rendah dari 30 orang jumlah siswa kelas VII-A hanya 7 orang yang mengajukan pertanyaan pertanyaan maupun jawaban yang diajukan siswa tergolong pada tingkat kognitif rendah. Kemampuan akademik siswa sangat heterogen yang ditunjukkan dari hasil ulangan yang memiliki interval nilai jauh yaitu pada rentang nilai 30-95 siswa kelas VII-A yang mencapai nilai 8805 70 sekitar 73%. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dicoba diterapkan pembelajaran problem solving dipadu metode TPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A semester genap tahun ajaran 2010-2011 MTs Surya Buana Malang yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kemapuan bertanya dan menjawab siswa dan soal tes. Aspek kemampuan berpikir siswa dilihat dari hasil observasi kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir berdasarkan kemampuan bertanya siswa cenderung mengalami peningkatan dari 61 11% pada pra tidakan 74 02% pada siklus I dan 77 08% pada siklus II sedangkan kemampuan berpikir berdasarkan kemampuan menjawab siswa mengalami peningkatan dari 64 58% pada pra tindakan 74 58% pada siklus I dan 83 71% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar biologi siswa juga cenderung mengalami peningkatan dari 73 3% pada para tindakan 76 67% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Rerata hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan dari 70 47 pada para tindakan 75 03 pada siklus I menjadi 76 5 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving dipadu metode TPS dapat meningkatkan kemampun berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Surya Buana Malang pada materi Ekosistem. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan strategi tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24814 |
Actions (login required)
View Item |