Pengembangan modul pembelajaran biologi SMA sebagai desain didaktik berorientasi kecakapan hidup (life skills) / Saibatul Linadziroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran biologi SMA sebagai desain didaktik berorientasi kecakapan hidup (life skills) / Saibatul Linadziroh

Linadziroh, Saibatul (2012) Pengembangan modul pembelajaran biologi SMA sebagai desain didaktik berorientasi kecakapan hidup (life skills) / Saibatul Linadziroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul pembelajaran desain didaktik kecakapan hidup Pendidikan nasional bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan senantiasa dilakukan untuk meningkatkan SDM Indonesia dalam menghadapi persaingan di era globalisasi dengan harapan sekolah dapat mewujudkan para lulusan yang bermutu pula. Namun tingginya angka pengangguran di era globalisasi merupakan fakta bahwa sistem pendidikan yang ada belum mampu memberikan bekal kecakapan hidup (life skills) yakni keberanian dalam menghadapi problema hidup dan kehidupan serta menemukan solusi untuk mengatasinya sehingga dapat menambah angka pengangguran. Pendidikan Life skills atau pendidikan kecakapan hidup (PKH) dicanangkan dengan menitikberatkan pada pembentukan mental siswa agar memiliki kompetensi dan mampu bersaing di era globalisasi. Penerapan PKH di sekolah dapat diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran sekolah sebagai sarana pengembangan diri dalam konteks pendidikan dalam kesiapan menghadapi tantangan di era globalisasi salah satunya adalah mata pelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Konsep PKH di SMA meliputi personal skill thinking skill social skill academic skill dan vocational skill. Bentuk integrasi kecakapan hidup pada mata pelajaran biologi dapat diwujudkan dengan strategi pembelajaran menggunakan modul yaitu satu kesatuan bahasan materi tertentu yang disusun secara sistematis operasional dan terarah sebagai desain didaktik untuk mencapai pengembangan kecakapan hidup siswa. SMA Negeri 2 Batu merupakan sekolah yang perlu menerapkan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup melalui pembelajaran dengan modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa modul pembelajaran berorientasi kecakapan hidup. Modul pembelajaran yang dikembangkan berupa modul siswa yang dilengkapi dengan panduan guru. Pengembangan modul pembelajaran menggunakan model ASSURE meliputi Analyze learners State objective Select media and materials Utilize materials Require learner performance dan Evaluate/revise serta dipadukan dengan siklus penelitian dan pengembangan Borg Gall. Desain uji coba meliputi validasi isi dan uji coba kelompok kecil. Validasi isi dilakukan oleh satu ahli media satu ahli materi dan dua guru bidang studi biologi sedangkan uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 10 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengubahan skor kumulatif yang diperoleh dari validator terhadap masing-masing kisi angket menjadi data persentase serta hasil penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil validasi beberapa komponen modul memperoleh persentase kevalidan berturut-turut adalah halaman sampul 87 5% kata pengantar 87 5% petunjuk menggunakan modul 87 5% tahapan menggunakan modul 93 75% cara mempelajari modul 93 75% daftar isi 93 75% uraian pendahuluan materi 91 67% kegiatan belajar 97 22% kegiatan diskusi 100% tes evaluasi 93 75% gambar 97 92% dan tabel 100%. Rata-rata persentase kevalidan keseluruhan komponen modul adalah 93 69% sedangkan persentase penilaian siswa hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95 33%. Beberapa revisi dilakukan berdasarkan data kualitatif demi kesempurnaan modul. Pada akhir penelitian ini dihasilkan produk berupa modul pembelajaran berorientasi kecakapan hidup yang dinyatakan valid dan siap digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di SMA Negeri Batu. Hasil pengembangan kecakapan hidup siswa melalui modul pembelajaran berorientasi kecakapan hidup pada masing-masing aspek antara lain kecakapan personal sebesar 83 59% kecakapan berpikir sebesar 87 7% kecakapan sosial sebesar 76 7% kecakapan akademik sebesar 80% dan kecakapan vokasional 0% karena siswa tidak melakukan petunjuk modul secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24813

Actions (login required)

View Item View Item