Penerapan paduan metode numbered head together dan student team achievement divisions untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang / Ardian Anjar Pangestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan paduan metode numbered head together dan student team achievement divisions untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang / Ardian Anjar Pangestuti

Pangestuti, Anjar Ardian (2012) Penerapan paduan metode numbered head together dan student team achievement divisions untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang / Ardian Anjar Pangestuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paduan Metode Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions Berpikir Kritis Hasil Belajar Kognitif Sebuah pembelajaran seharusnya dapat memberikan pengalaman berharga dan keberhasilan bagi siswa oleh karena itu seharusnya pada saat berada di dalam kelas setiap anak memiliki kesempatan untuk bertanya menjawab pertanyaan mengeluarkan pendapat bahkan sampai melakukan suatu eksperimen untuk menjawab rasa ingin tahu seorang anak. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang menunjukkan adanya beberapa permasalahan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tetapi kegiatan ini tidak dilakukan secara berkelanjutan sehingga sebagian besar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode ceramah. Apabila terdapat pertanyaan yang disampaikan oleh guru siswa lebih sering menjawab secara serempak ataupun diam apabila tidak ditunjuk secara langsung. Siswa terbiasa menyelesaikan soal yang menggunakan pola berpikir tingkat rendah. Siswa cenderung mengandalkan teman yang lebih pandai untuk menyelesaikan tugas kelompok tersebut. Permasalahan lain adalah hasil belajar kognitif siswa rendah ini diketahui dari hasil ujian akhir KD mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar kelas adalah 57 9% dan rata-rata nilai kelas 68 92. Beberapa permasalahan tersebut menunjukkan bahwa berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa rendah. Salah satu metode pembelajaran yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut adalah paduan metode Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian dengan menggunakan paduan metode NHT dan STAD merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan yang dilaksanakan mulai 21 Februari sampai dengan 29 Maret 2011 dengan KD mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Siklus II dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan yang dilaksanakan mulai 11 April sampai dengan 9 Mei 2011 dengan KD mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau dan mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Malang sebanyak tiga puluh delapan siswa. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa penerapan paduan metode NHT dan STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas VIII A SMP 13 Malang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diketahui dari hasil tes akhir siklus sebagai berikut. Pada siklus I rata-rata nilai kelas 68 4 dan persentase ketuntasan belajarnya 47 4% sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata nilai kelas 74 dan persentase ketuntasan belajar 76 3%. Seperti pada kemampuan berpikir kritis peningkatan hasil belajar kognitif juga diketahui dari hasil tes akhir siklus pada pembelajaran sebelum dilakukan penelitian memiliki rata-rata nilai kelas 68 92 dan persentase ketuntasan belajar kelas adalah 57 9%. Pada siklus I memiliki rata-rata nilai kelas 70 dan persentase ketuntasan belajar 68 4% sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata nilai kelas 78 7 dan persentase ketuntasan belajar 86 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24812

Actions (login required)

View Item View Item