Penerapan metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP NU Lekok Pasuruan / Maria Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP NU Lekok Pasuruan / Maria Ulfah

Ulfah, Maria (2012) Penerapan metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP NU Lekok Pasuruan / Maria Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Inkuiri Motivasi Belajar Prestasi Belajar Pembelajaran biologi akan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa jika siswa mengadakan pengamatan atau berhadapan langsung dengan hal yang sedang dibahas. Pengetahuan yang didapat dari hasil pengalaman sendiri akan lebih melekat kuat dalam ingatan siswa dari pada pengetahuan yang diperoleh dari hasil pengalaman orang lain. Apalagi biologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan kehidupannya. Penelitian ini dilakukan di SMP NU Lekok hasil observasi awal dengan guru biologi menunjukkan bahwa proses pembelajaran biologi masih menerapkan pembelajaran yang menekankan pada metode ceramah. Terkait dengan metode mengajar guru ini menyebabkan rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi awal saat mengikuti pelajaran siswa tampak pasif siswa sering kali tidak mengerjakan tugas rumah saat guru menyampaikan materi siswa sering bergurau. Berdasarkan hasil observasi diketahui siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Standar Ketuntasan Minimal yang diterapkan SMP NU Lekok adalah 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar Biologi siswa kelas VIIIA SMP NU Lekok melalui penerapan pembelajaran kontekstual model inkuiri. Pendekatan dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Nopember sampai bulan Desember 2009. Data dari penelitian ini berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi diperoleh dari angket motivasi belajar siswa dan prestasi belajar diperoleh dari skor tes pada tiap akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIA SMP NU Lekok Pasuruan sebesar 3 69%. Demikian juga dengan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 19 35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24811

Actions (login required)

View Item View Item