Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema udara untuk SMP/MTs kelas VIII / Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema udara untuk SMP/MTs kelas VIII / Nilasari

Nilasari (2011) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme tema udara untuk SMP/MTs kelas VIII / Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket IPA Terpadu Tema Udara Konstruktivisme Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyebutkan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Melalui pembelajaran IPA terpadu peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima menyimpan dan memaknai hal-hal yang dipelajari. Pada penelitian sebelumnya oleh Handayanto dkk tahun 2009 menyatakan bahwa berdasarkan pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri Wilayah Malang Raya menunjukkan bahwa hampir semua guru (96 2%) memiliki kemampuan mengajar materi IPA terutama materi seputar KD yang dibelajarkan. Sebagian besar guru (76 9%) jarang mengaitkan materi yang dibahas dengan cabang IPA lain yang relevan. Sebagian besar guru IPA (35 dari 37 orang atau 94 6%) menyatakan bahwa guru IPA membutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Paket IPA terpadu yang dimaksud meliputi buku siswa dan buku panduan guru. Berdasarkan hasi observasi di empat sekolah di kota Malang yaitu SMP Sriwedari pada bulan Oktober 2010 SMP Negeri 5 Malang pada bulan Oktober 2010 SMP Brawijaya Smart School pada bulan Januari 2011 dan SMP Negeri 12 Malang pada bulan Februari 2011 pembelajaran IPA yang dilakukan masih secara terpisah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis buku IPA terpadu untuk SMP/MTs yang dijual di toko-toko buku Kota Malang (Dian Ilmu Toga Mas Wilis Gramedia) isinya belum menunjukkan adanya IPA terpadu. Berdasarkan kenyataan tersebut penulis melaksanakan penelitian pengembangan. Paket IPA terpadu yang terdiri atas buku siswa dan buku panduan guru. Pendekatan konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang memandang bahwa siswa belajar sains dengan cara mengkonstruksi pengertian atau pemahaman baru tentang fenomena dari pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahap-tahap yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu (1) tahap pengumpulan informasi dan penelitian (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji lapangan awal (5) revisi produk pokok. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan buku siswa dan uji kelayakan buku panduan guru dilakukan oleh validator guru dan dosen. Uji keterbacaan buku siswa yang dilakukan oleh siswa. Data hasil uji kelayakan diperoleh dari validator-validator yang telah ditetapkan. Jenis data yang diperoleh yaitu (1) skor hasil penilaian kelayakan yang berupa data ordinal selanjutnya diubah menjadi persentase serta ii dianalisis secara deskriptif (2) data deskripsi yang berupa saran kritik dan tanggapan dari validator serta hasil uji keterbacaan siswa. Berdasarkan data hasil uji kelayakan paket IPA terpadu yang dilakukan oleh lima validator diperoleh hasil bahwa buku siswa mendapatkan rata-rata persentase 88.19% menunjukkan kriteria layak. Kelayakan isi 86.94% dan kelayakan penyajian 89.44%. Buku panduan guru mendapatkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 86.66% menunjukkan kriteria layak. Kelayakan kesesuaian uraian materi dengan kebutuhan guru 85% kelayakan penyajian 85% kelayakan kelengkapan penyajian 90%. Paket IPA terpadu telah direvisi sesuai dengan hasil uji kelayakan oleh tim validator dan uji keterbacaan siswa oleh siswa SMP Negeri 12 Malang. Disarankan kepada pengembang selanjutnya agar melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan melakukan kajian eksperimen atau penelitian tindakan kelas dan uji coba yang lebih luas sehingga diperoleh paket IPA terpadu yang teruji secara empiris. Disarankan untuk mengembangkan paket IPA terpadu dengan tema yang lain dengan berbasis konstruktivisme sehingga dapat memperkaya sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24808

Actions (login required)

View Item View Item