Strategi implementasi Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) biologi dalam usaha perbaikan pembelajaran biologi kelas X semester 2 di SMA Negeri 1 Kepanjen / Muhamad Khoirul Anwar

Anwar, Muhamad Khoirul (2011) Strategi implementasi Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) biologi dalam usaha perbaikan pembelajaran biologi kelas X semester 2 di SMA Negeri 1 Kepanjen / Muhamad Khoirul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: strategi implementasi SKL-MP biologi, hasil refleksi siswa, SMA Negeri 1 Kepanjen. Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Kepanjen, diketahui bahwa peneliti kurang menerapkan SKL-MP biologi. Hal ini terlihat dari kemunculan keterampilan proses yang terdapat di dalam SKL-MP biologi butir 1 yaitu mengamati, mengolah data, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan data dalam kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk mencapai SKL-MP butir 2 dan 3 sangat sedikit sehingga pembelajaran hanya mengacu pada isi dari materi dan mengabaikan proses belajar siswa. Dalam usaha perbaikan pembelajaran, peneliti menggunakan strategi implementasi SKLÔÇôMP biologi untuk menerapkan SKL-MP biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi SKL-MP biologi dan refleksi siswa terhadap penerapan strategi tersebut dalam pembelajaran biologi kelas X semester 2 di SMA Negeri 1 Kepanjen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 siklus pembelajaran dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X. 5 SMA Negeri 1 Kepanjen. Jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan rincian siswa lakilaki sebanyak 9 orang dan siswa perempuan sebanyak 21 orang. Pembelajaran menerapkan keterampilan proses yang terdapat pada SKL-MP butir satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi SKL-MP biologi dapat dilaksanakan dengan baik. Strategi pembelajaran yang digunakan untuk menerapkan keterampilan proses yang terdapat pada SKL-MP butir 1 untuk mencapai isi yang terdapat SKL-MP butir 2 dan 3 tercapai. Strategi implementasi SKL-MP biologi dalam setiap pembelajaran dapat berjalan baik jika siswa dibimbing dalam setiap kegiatan yang dilakukan, mulai dari kegiatan mengamati, mengolah data, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan data. Peneliti juga melakukan perhitungan hasil refleksi siswa. Hasil refleksi siswa adalah kecenderungan siswa untuk memberikan tanggapan terhadap setiap kegiatan pembelajaran yang mencerminkan SKL-MP butir 1 yaitu kegiatan mengamati, mengolah data, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan data untuk memahami isi dari pembelajaran biologi yang terdapat pada SKL-MP butir 2 dan 3, serta dilakukan langsung setelah pembelajaran. Selama siklus I hasil refleksi siswa terhadap strategi implementasi SKL-MP biologi pada kegiatan mengamati (kegiatan 1) 90%, mengolah data I (kegiatan 2) 70%, mengolah data II (kegiatan 3) 73,33%, menafsirkan data (kegiatan 4) 83,33%, dan mengkomunikasikan data (kegiatan 5) 86,66%. Hasil refleksi siswa pada kegiatan mengolah data yaitu kegiatan 2 dan 3 dikatagorikan cukup. Perbaikan yang dilakukan adalah peneliti membimbing siswa dalam melakukan kegiatan mengolah data. Pada siklus II, hasil refleksi siswa terhadap strategi implementasi SKL-MP biologi pada kegiatan ii mengamati (kegiatan 1) 82,75%, mengolah data I (kegiatan 2) 86,20%, mengolah data II (kegiatan 3) 86,20%, menafsirkan data (kegiatan 4) 86,20%, dan mengkomunikasikan data (kegiatan 5) pada kegiatan 1 (a), kegiatan 2 (b), kegiatan 3 (c), dan kegiatan 4 (d) sebesar 65,51%. Hasil refleksi siswa yang cukup pada siklus I yaitu pada kegiatan mengolah data dapat ditingkatkan, sedangkan pada kegiatan mengamati dan mengkomunikasikan data, hasil refleksi siswa mengalami penurunan dan dikatagorikan cukup. Pada siklus III, hasil refleksi siswa terhadap strategi implementasi SKL-MP pada setiap kegiatan mengamati (kegiatan 1) 100%, mengolah data I (kegiatan 2) 100%, mengolah data II (kegiatan 3) 89,65%, menafsirkan data (kegiatan 4) 96,55%, dan mengkomunikasikan data (kegiatan 5) pada kegiatan 1 (a), kegiatan 2 (b), kegiatan 3 (c), dan kegiatan 4 (d) sebesar 93,10%, dapat dikatakan hasil refleksi siswa meningkat pada setiap kegiatan. Pada kegiatan siklus IV peneliti dapat mempertahankan hasil refleksi siswa yang baik yaitu pada kegiatan mengamati (kegiatan 1)100 %, mengolah data I (kegiatan 2) 100%, mengolah data II (kegiatan 2) 92,59%, menafsirkan data (kegiatan 4) 96,29%, dan mengkomunikasikan data (kegiatan 5) pada kegiatan 1 (a), kegiatan 2 (b), kegiatan 3 (c), dan kegiatan 4 (d) sebesar 96,29%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item View Item