Penerapan pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang / Kartika Dwi Nawasita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang / Kartika Dwi Nawasita

Nawasita, Kartika Dwi (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang / Kartika Dwi Nawasita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif TGT pendekatan kontekstual motivasi belajar siswa hasil belajar siswa Kurikulum yang digunakan pada saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang operasional disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan/sekolah. Ciri utama KTSP yaitu (1) berpusat pada siswa (2) memberikan mata pelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual dan (3) mengembangkan mental yang kaya dan kuat pada siswa. KTSP memudahkan tiap sekolah untuk menentukan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu model yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan kontekstual (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan organisasi makhluk hidup. Data dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan berupa soal tes lembar observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang sebanyak 41 orang siswa dengan jumlah siswa perempuan 17 orang dan 24 orang siswa laki-laki. Waktu pelaksanaan penelitian mulai bulan September 2007 sampai Desember 2008. Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi belajar klasikal siswa kelas VII E yang meningkat dari 60 15% di siklus I menjadi 64 65% pada siklus II 2) penerapan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) meningkatkan hasil belajar siswa dari 56 1% pada siklus I menjadi 78 05% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 10 Malang. Berdasarkan hasil penelitian penulis mengharapkan agar Pembelajaran kooperatif TGT dapat diterapkan pada pokok bahasan selain Organisasi Makhluk Hidup dan tidak hanya diterapkan pada SMP Negeri 10 Malang tetapi dapat diterapkan pada sekolah lainnya karena penerapan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24805

Actions (login required)

View Item View Item