Analisis work sheet mata pelajaran biologi kelas X semester I yang digunakan di SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2010/2011 berdasarkan pendekatan pembelajaran inkuiri / Wahyu Dwi Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis work sheet mata pelajaran biologi kelas X semester I yang digunakan di SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2010/2011 berdasarkan pendekatan pembelajaran inkuiri / Wahyu Dwi Arini

Arini, Wahyu Dwi (2011) Analisis work sheet mata pelajaran biologi kelas X semester I yang digunakan di SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2010/2011 berdasarkan pendekatan pembelajaran inkuiri / Wahyu Dwi Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis work sheet pembelajaran inkuiri Pembelajaran menggunakan work sheet diharapkan dapat mendorong siswa aktif melakukaan kegiatan sehingga memungkinkan siswa untuk menemukan prinsip-prinsip. Petunjuk pada work sheet harus dapat mengarahkan aktivitas belajar siswa dalam memecahkan persoalan dan memantapkan pengalaman belajar siswa setelah akhir proses belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan isi work sheet berdasarkan pembelajaran inkuiri. Pembelajaran inkuiri melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep dasar sehingga siswa lebih mudah memahami konsep dan ingatan siswa terhadap suatu konsep akan bertahan lebih lama. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran dan masukan kepada penyusun work sheet tentang kesesuaian isi work sheet dengan pembelajaran inkuiri. Work sheet yang dianalisis merupakan work sheet biologi kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Malang yang diperoleh dari salah satu guru tim penyusun work sheet biologi kelas X semester 1. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2010- Januari 2011. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif. Data berupa kesesuaian materi dengan aspek kebenaran materi sains lingkungan teknologi masyarakat (salingtemas) pemberian contoh dan gambar dan kesesuaian petunjuk praktikum petunjuk nonpraktikum soal latihan dengan pembelajaran inkuiri berdasarkan kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi pada work sheet dengan aspek kebenaran materi salingtemas pemberian contoh dan gambar sebesar 46 76% sehingga tergolong kriteria kurang baik. Kesesuaian petunjuk kegiatan praktikum pada work sheet dengan pembelajaran inkuiri sebesar 24 7% sehingga tergolong kriteria sangat kurang baik. Kesesuaian isi work sheet (petunjuk praktikum) berdasarkan penilaian keterampilan dan kemampuan bereksperimen sebesar 21 43% sehingga tergolong kriteria sangat kurang baik. Kesesuaian petunjuk kegiatan nonpraktikum pada work sheet dengan pembelajaran inkuiri sebesar 29 75% sehingga tergolong kriteria sangat kurang baik. Kesesuaian soal-soal latihan pada work sheet dengan pembelajaran inkuiri sebesar 14 29% sehingga tergolong kriteria sangat kurang baik. Peneliti menyarankan jika ingin dikembangkan work sheet berdasarkan pembelajaran inkuiri maka sejak awal penyusunan work sheet harus diperhatikan tuntutan yang ada di dalam pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24803

Actions (login required)

View Item View Item