Rahayu, Sofia Putri (2011) Pengembangan bahan ajar bilogi materi ekosistem untuk SMA RSBI (Rintisan sekolah bertaraf internasional) kelas X dengan pendekatan salingtemas / Sofia Putri Rahayu <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar RSBI Salingtemas. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah melakukan perubahan menuju perbaikan dalam sistem pendidikan nasional. Upaya yang dilakukan diantaranya yaitu perbaikan pada KTSP Mutu Sekolah Standar Kompetensi Lulusan serta Sarana dan Prasarana. Perbaikan sarana dan prasarana itu salah satunya dengan menyediakan bahan ajar. Selama ini di sekolah-sekolah RSBI belum tersedia bahan ajar yang mendukung standar sekolah baik dalam hal content maupun bahasa yang digunakan (Bahasa Indonesia). Bahan ajar adalah buku yang berisi bahan pelajaran suatu bidang studi tertentu yang digunakan sebagai buku acuan baik oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan bahan ajar biologi materi ekosistem dengan pendekatan salingtemas untuk membantu para guru sebagai alternatif pengembangan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar biologi materi ekosistem dengan pendekatan salingtemas. Prosedur penelitian meliputi pengkajian potensi dan masalah kajian referensi atau literatur desain bahan ajar validasi bahan ajar revisi I bahan ajar validasi keterbacaan bahan ajar pada siswa revisi II bahan ajar dan penyempurnaan bahan ajar. Subyek validasi (validator) bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari dua orang dosen biologi Universitas Negeri Malang dan dua orang guru biologi SMAN 3 Malang. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi (1) data kuantitatif berupa skor angket penilaian validator dan (2) data kualitatif berupa tanggapan atau saran dari validator dan siswa. Hasil pengembangan berupa bahan ajar yang mempunyai tiga kegiatan materi pokok Peran Komponen Ekosistem dalam Aliran Energi dan Daur Biogeokimia Keterkaitan antara Kegiatan Manusia dengan Masalah Perusakan/Pencemaran Lingkungan dan Jenis-jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah. Masing-masing kegiatan belajar dilakukan melalui pendekatan salingtemas yang meliputi lima tahap (apersepsi pembentukan konsep aplikasi konsep pemantapan konsep dan evaluasi). Hasil penilaian validator tentang kelayakan isi sebesar 89 819% yang berarti valid dan keterbacaan 83 59% yang berarti cukup valid. Validasi keterbacaan bahan ajar pada siswa secara umum sudah terlaksana dan siswa dapat memahami bahan ajar dengan baik. Berdasarkan hasil validasi kelayakan isi dan validasi keterbacaan pada siswa maka bahan ajar yang dikembangkan telah dapat digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar biologi di SMA RSBI kelas X.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24802 |
Actions (login required)
View Item |