Penerapan pembelajaran dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Blitar / Fitria Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Blitar / Fitria Ratnasari

Ratnasari, Fitria (2011) Penerapan pembelajaran dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan metode kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Blitar / Fitria Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pola PBMP metode kooperatif model TPS keterampilan berpikir kritis hasil belajar Biologi Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Blitar yaitu di kelas X-3 pada tanggal 10 November 2010 dan di kelas X-8 pada tanggal 12 Februari 2011 dapat diketahui bahwa siswa kurang menyukai pelajaran Biologi. Sebanyak 80% siswa menganggap materi Biologi adalah materi hapalan dan hanya 35% siswa yang aktif pada kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan sebanyak 100% siswa tidak lulus SKM pada KD 3 dan KD 4 55% siswa pada KD 2 dan 72% siswa pada KD 1. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah mengerjakan LKS dan metode tanya-jawab. Hal ini menyebabkan siswa belum mampu membangun pemahaman mengenai suatu konsep sehingga ke-terampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan kondisi ter-sebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Blitar melalui penerapan pembelajaran pola PBMP dengan metode kooperatif model TPS. (2) meningkatkan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 2 Blitar melalui penerapan pembelajaran pola PBMP dengan metode kooperatif model TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Prosedur penelitian meliputi kegiatan pra penenelitian dan pelaksanaan penelitian. Pada kegiatan pra penelitian dilakukan observasi kegiatan pembelajaran dan pada pelaksanaan penelitian dilakukan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut taraf ke-berhasilan tindakan klasikal siklus I dan II adalah 25 00% dan 81 25% 2) hasil belajar kognitif siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut persentase ke-tuntasan belajar klasikal siklus I dan II adalah 43 75% dan 84 37%. 3) hasil belajar ranah afektif siswa yang diukur dengan rata-rata nilai mengalami pe-ningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut rata-rata nilai siklus I dan II adalah 77 62 dan 80 80. 4) hasil belajar ranah psikomotor yang diukur dengan taraf keberhasilan tindakan klasikal mengalami peningkatan. Secara berturut-turut taraf keberhasilan tindakan klasikal siklus I dan II adalah 34 37% dan 87 50%. Pada pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat mengelola kelas dan waktu secara maksimal sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item View Item