Telaah penerapan pendekatan inkuiri pada RPP biologi SMA kelas X semester genap buatan mahasiswa PPL Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Amirul Hasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Telaah penerapan pendekatan inkuiri pada RPP biologi SMA kelas X semester genap buatan mahasiswa PPL Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Amirul Hasan

Hasan, Amirul (2011) Telaah penerapan pendekatan inkuiri pada RPP biologi SMA kelas X semester genap buatan mahasiswa PPL Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Amirul Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan inkuiri RPP biologi mahasiswa PPL PPL ialah matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan dengan sistem terjun langsung ke sekolah praktik sebagai wahana bagi perwujudan dan latihan mengajar nyata sebelum menjadi seorang tenaga pendidik sesungguhnya. Mahasiswa PPL merupakan penerus generasi pendidik yang harus dipersiapkan menjadi guru profesional. Mahasiswa tersebut harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal mengajar menggunakan berbagai macam model pendekatan-pendekatan strategi metode atau suatu teknik tertentu. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan ialah pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap penerapan pendekatan inkuiri pada RPP biologi SMA Kelas X Semester Genap TA 2010/2011 buatan mahasiswa PPL Jurusan Biologi FMIPA UM Tahun 2011 aspek tujuan pembelajaran metode dan kegiatan belajar pada lingkup materi KD 3.3 Kingdom Plantae dan KD 3.4 Kingdom Animalia. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data utama menggunakan studi dokumentasi RPP. RPP yang terhimpun sebanyak 67 RPP dari 10 sekolah praktik. Data itu didukung oleh angket jejak pendapat dari mahasiswa PPL. Analisis data di dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif terhadap seluruh data temuan. Data yang diambil dan yang disajikan di dalam penelitian ini ialah data yang sesuai fokus penelitian yaitu penerapan pendekatan inkuiri pada RPP aspek tujuan pembelajaran metode dan kegiatan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase penerapan pendekatan inkuiri aspek tujuan pembelajaran diperoleh sebesar 42 9% aspek ini menyandang predikat kurang . Sementara persentase pada aspek metode diperoleh 67 1% dan aspek kegiatan belajar sebesar 71 7% dan kedua aspek RPP tersebut menyandang predikat baik . Hasil studi angket jejak pendapat pada mahasiswa PPL diperoleh beberapa argumen terkait dengan penerapan pendekatan inkuiri pada RPP seperti (1) tidak semua materi pelajaran bisa diajarkan menggunakan pendekatan inkuiri (2) terbatasnya alokasi waktu untuk kegiatan belajar dan mengajar mata pelajaran biologi di SMA (3) penerapan pendekatan inkuiri pada pembelajaran memerlukan waktu lama (4) kurangnya motivasi belajar siswa sehingga perlu bimbingan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada mahasiswa PPL yang akan mengajar biologi (IPA untuk SMP) sebaiknya menerapkan pendekatan inkuiri yang bisa dimulai dengan menyusun silabus dan RPP berbasis pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri ini bisa melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan membelajarkan berpikir dan bersikap ilmiah dan bisa membuat siswa mengalami sendiri belajarnya. Siswa yang mengalami secara langsung proses belajarnya bisa memperpanjang ingatan membuat belajarnya bermakna dan dapat meningkatkan potensi intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24798

Actions (login required)

View Item View Item