Priyanto, Irwan (2011) Kajian kecukupan keterampilan eksperimental dan investigasi menurut kurikulum cambridge pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biologi SMA Negeri rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Jawa Timur / Irwan Priyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keterampilan Eksperimental dan Investigasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Keterampilan eksperimental dan investigasi merupakan salah satu tujuan dari silabus Cambridge dimana keterampilan ini meliputi keterampilan merencanakan percobaan (eksperimen) mengatur / memanipulasi peralatan membuat pengukuran dan pengamatan mencatat dan menyajikan pengamatan dan data menganalisis data dan menarik kesimpulan mengevaluasi prosedur serta mengevaluasi kesimpulan. RSBI yang telah melakukan benchmark dengan kurikulum Cambridge selain memenuhi standar proses juga harus diperkaya dengan model proses pembelajaran yang diadaptasi atau diadopsi dari kurikulum Cambridge. Proses pembelajaran akan tergambar di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil observasi yang dilakukan terhadap RPP yang diupload melalui website sekolah di SMA Negeri RSBI se-Jawa Timur peneliti menemukan adanya perbedaan isi pada komponen RPP dari beberapa RPP yang terkumpul. Adanya perbedaan tersebut mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kecukupan pendekatan keterampilan eksperimental dan investigasi menurut kurikulum Cambridge di dalam RPP biologi yang diupload melalui website sekolah SMAN RSBI se-Jawa Timur. Dari 61 SMA Negeri RSBI se-Jawa Timur peneliti berhasil mengumpulkan 100 buah RPP biologi dari sekolah SMAN 1 Jember SMAN 1 Blitar dan SMAN 4 Malang. Karena keterampilan eksperimental dan investigasi hanya mengacu pada kegiatan belajar dengan kerja praktik maka peneliti memilih RPP yang kegiatan belajarnya berbasis kerja praktik didapatkan 28 buah RPP biologi yang kegiatan belajarnya berbasis kerja praktik secara spesifik 25 RPP dari SMAN 1 Jember 2 RPP dari SMAN 4 Malang dan 1 RPP dari SMAN 1 Blitar sebagai sampel penelitian. Penelitian ini terbatas pada analisis dokumen dan menggunakan 7 item penilaian tujuan pembelajaran dan 7 item penilaian langkah- langkah pembelajaran yang diambil dari silabus cambridge sebagai instrumen penelitian. Karakteristik dan fakta tentang RPP didapat dengan cara mengidentifikasi isi masing-masing komponen RPP dan data hasil identifikasi berupa skor/angka. Data tersebut kemudian diolah yang berbentuk persentase dan dinilai berdasarkan kriteria penilaian RPP. Hasil penelitian menunjukkan kecukupan keterampilan eksperimental dan investigasi pada tujuan pembelajaran hanya 1 07 % dan dinyatakan sangat kurang dengan rincian (1) 3 21% kecukupan tujuan pembelajaran pada SMAN 1 Jember yang dinyatakan sangat kurang (2) 0 % kecukupan tujuan pembelajaran pada SMAN 1 Blitar yang dinyatakan sangat kurang (3) dan 0 % kecukupan tujuan pembelajaran pada SMAN 4 Malang yang dinyatakan sangat kurang. Untuk langkah-langkah pembelajaran diperoleh persentase kecukupan sebesar 25 71 % yang dinyatakan kurang baik dengan rincian (1) 60 48% kecukupan langkah pembelajaran pada SMAN 1 Jember yang dinyatakan cukup baik (2) 0 % kecukupan langkah pembelajaran pada SMAN 1 Blitar yang dinyatakan sangat kurang (3) dan 16 67% kecukupan langkah pembelajaran pada SMAN 4 Malang yang dinyatakan sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini dan mengacu pada pendekatan eksperimental dan investigasi menurut kurikulum cambridge peneliti menyarankan untuk beberapa aspek penilaian dalam komponen RPP yang perlu diperbaiki yaitu (a) rumusan tujuan pembelajaran yang tidak mengarah pada keterampilan eksperimental dan (b) pada langkah-langkah pembelajaran kegiatan pendahuluan yang tidak berisi penjelasan tentang kompetensi yang harus dikuasai guru tidak mereview materi dan menuliskan poin-poin penting pada papan tulis guru tidak menguraikan secara singkat metode dan siswa tidak bertanya tentang prosedur serta tidak adanya kegiatan diskusi tentang keterampilan yang telah dikembangkan serta diskusi tentang hasil yang diperoleh. Untuk itu peneliti juga menyarankan kepada para guru RSBI untuk (1) memahami ide dasar kurikulum Cambridge dalam pembelajaran sains (2) memahami proses pembelajaran sains menurut silabus Cambridge dan (3) menggunakan ide-ide dasar kurikulum dan pembelajaran menurut silabus Cambridge dalam pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24797 |
Actions (login required)
View Item |