Sholiha, Illiyatus (2011) Pengaruh pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang / Illiyatus Sholiha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci diagram roundhouse learning cycle aktivitas belajar hasil belajar. Ketuntasan belajar hasil belajar kognitif siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Lawang sebelum penelitian pada materi vermes menunjukkan sekitar 50% siswa masih harus mengikuti tes perbaikan ulangan harian agar standar ketuntasan klasikal 85% dapat tercapai. Pada materi vermes siswa mempelajari siklus hidup berbagai macam spesies cacing dari filum dan kelas yang berbeda sesuai dengan gambar siklus hidup yang terdapat referensi yang dimiliki oleh siswa atau gambar yang ditunjukkan oleh guru. Siswa juga harus mempelajari berbagai istilah asing dan baru bagi siswa yang berkaitan dengan siklus hidup cacing yang dipelajari. Berdasarkan hasil belajar siswa dari hasil ulangan harian yang jauh di bawah standar ketuntasan klasikal menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan hanya memberikan ingatan sementara dalam memori siswa sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang telah dipelajari. Hal tersebut didukung dengan hasil pengamatan di kelas yang menunjukkan hampir semua siswa menggambar siklus cacing sama persis dengan yang terdapat pada referensi yang dimiliki sehingga terkesan aktivitas belajar siswa hanya menyalin gambar tanpa ada unsur kreativitas. Sardiman (2008) menjelaskan bahwa di dalam belajar perlu ada aktivitas karena pada prinsipnya belajar itu adalah berbuat learning by doing tidak ada belajar kalau tidak ada akivitas. Hasil penelitian sebelumnya oleh Ward dan Wandersee (Wibowo 2008) terhadap siswi SMA kelas 3 sebuah sekolah di Amerika Serikat yang bernama Elizabeth menunjukkan adanya kemajuan setelah mengikuti latihan pembuatan diagram roundhouse. Setelah mengikuti latihan pembuatan diagram roundhouse ternyata nilai ujiannya dapat ditingkatkan. Berdasarkan penelitian Rohman (2011) siklus belajar 5E dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Lawang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kolerasional dengan pendekatan eksperimen yang termasuk dalam penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Variabel bebas penelitian adalah pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle. Variabel terikat penelitian adalah aktivitas belajar hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif siswa. Variabel kontrol penelitian meliputi guru jumlah jam pelajaran sarana dan prasarana kurikulum serta instrumen evaluasi yang sama. Metode pengumpulan data dalam penelitian melalui hasil pretes yang dilakukan sebelum perlakuan dan postes yang dilakukan setelah perlakuan menggunakan instrumen yang sama untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan afektif. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dilakukan dengan cara observasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang diberi pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle menunjukkan aktivitas belajar yang lebih baik dengan rata-rata nilai 70 4 daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai 53 4. Siswa yang diberi pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle menunjukkan hasil belajar kognitif yang lebih baik dengan rata-rata nilai 78 7 daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai 72 2. Siswa yang diberi pembelajaran diagram roundhouse melalui learning cycle menunjukkan hasil belajar afektif yang lebih baik dengan rata-rata nilai 82 daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan rata-rata nilai 80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |