Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Sayu Chyntia Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Sayu Chyntia Ekawati

Ekawati, Sayu Chyntia (2011) Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang / Sayu Chyntia Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT). Dalam kehidupan sehari-hari keterampilan metakognitif merupakan salah satu kecakapan hidup yang dibutuhkan seorang siswa tidak hanya di sekolah tetapi dibutuhkan sepanjang hidup seseorang. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif memiliki peluang besar menjadi pebelajar mandiri. Keterampilan metakognitif seringkali tidak disadari keberadaannya didalam kegiatan belajar mengajar khususnya para guru maupun siswa itu sendiri. Untuk mengembangkan keterampilan metakognitif siswa perlu dilakukan pengelolaan metakognitif dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini digunakan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan motode Numbered Heads Together (NHT). Dari hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru Biologi diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 5 Malang masih tergolong teacher centered . Menurut guru biologi siswa masih belum mampu dalam mengembangkan keterampilan metakognitif meskipun tanpa disadari mereka juga pernah menggunakan keterampilan metakognitif. Pengelolaan keterampilan metakognitif juga masih rendah karena siswa belum pernah dilatih untuk mengembangkan keterampilan metakognitifnya. Selain itu pada proses pembelajaran biologi ditemukan beberapa permasalahan baik permasalahan yang berasal dari siswa maupun dari guru. Selain dari permasalahan tersebut hasil belajar kognitif siswa pun bervariasi dari tingkat tinggi sedang dan rendah. Dari hasil belajar kognitif yang bervariasi tersebut dapat diketahui tingkat keterampilan metakognitif siswa. Tingkatan soal yang digunakan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) dan ulangan harian pun kebanyakan masih sebatas antara C1-C3. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Malang Kelas VII tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII RSBI 5 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII RSBI 4 sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas VII RSBI 5 terdiri atas 28 siswa sedangkan siswa kelas VII RSBI 4 terdiri dari 28 siswa. Jenis penelitian yaitu Penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadu metode Numbered Heads Together (NHT) pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui hasil pre tes yang dilakukan sebelum penerapan metode pembelajaran dan pos tes. Data keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari hasil pre tes dan post tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadu dengan metode NHT berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24794

Actions (login required)

View Item View Item