Farizia, Nina (2011) Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) berbasis Lesson Study dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Singosari Malang / Nina Farizia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PPL Lesson Study Motivasi Hasil Belajar Guru Biologi di SMA Negeri 1 Singosari telah menggunakan metode ceramah dan disertai dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dalam menyampaikan materi pembelajarannya tetapi siswa kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa Biologi yang diinginkan belum tercapai secara maksimal karena banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tenang dan gembira di dalam kelas. Metode yang digunakan oleh guru kurang inovatif sehingga siswa kurang bersemangat. Lesson Study (LS) merupakan strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru dan pembelajaran secara riil (nyata) di dalam kelas dengan siswa yang diamati oleh guru-guru lain sebagai observer dan dilakukan kegiatan refleksi setelah pembelajaran selesai. LS dapat berfungsi sebagai salah satu upaya pelaksanaan program in-service training bagi para guru. Penerapan LS dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu upaya meningkatkan kualitas penyiapan calon guru masa depan dalam menjalankan tugas pengajaran dan pembelajarannya serta semangat untuk membangun keprofesionalan secara berkelanjutan (Continuing Professional Development). Langkah awal yang diperlukan dalam aplikasi program PPL berbasis LS ini adalah semangat keterbukaan dan semangat mengkritik diri sendiri dalam merancang. melaksanakan dan merefleksi pembelajaran yang dilakukan di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa data kualitatif dan data yang dihasilkan dalam penelitian ini merupakan deskripsi dari pelaksanaan LS dan deskripsi dari implementasi kegiatan LS dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Biologi Kelas XI IPA 2 XI IPA 3 X-2 dan X-3 di SMA Negeri 1 Singosari. Proses pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket lembar observasi dan tes hasil belajar kognitif. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan LS yang terjadi cukup berjalan dengan lancar. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan diperoleh taraf keterlaksanaan LS baik (79 8%) dengan rincian pada tahap Plan sangat baik (84 8%) tahap Do baik (79 7%) dan tahap See baik (75 0%) implementasi PPL berbasis LS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Biologi implementasi PPL berbasis LS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Biologi di SMA Negeri 1 Singosari. Penerapan kegiatan LS di SMA Negeri 1 Singosari dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Biologi sehingga perlu dikembangkan kegiatan LS untuk kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24791 |
Actions (login required)
View Item |