Penerapan metode group investigation (GI) dipadu dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan ketrampilan pekerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa kelas X-A1 SMAN 2 Malang / Erfitra Rezqi Prasmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode group investigation (GI) dipadu dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan ketrampilan pekerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa kelas X-A1 SMAN 2 Malang / Erfitra Rezqi Prasmala

Prasmala, Erfitra Rezqi (2011) Penerapan metode group investigation (GI) dipadu dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan ketrampilan pekerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa kelas X-A1 SMAN 2 Malang / Erfitra Rezqi Prasmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation (GI) Problem Based Learning (PBL) Keterampilan Bekerja Ilmiah Kemampuan Kognitif Keterampilan bekerja ilmiah dalam pembelajaran biologi sangat penting untuk dikembangkan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan ini meliputi keterampilan mengamati mengajukan hipotesis menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar mengajukan pertanyaan menggolongkan dan menafsirkan data serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah seharihari. Hal ini sangat erat kaitannya dengan hasil belajar kognitif yang diperoleh oleh siswa. Alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan bekerja ilmiah siswa adalah penerapan metode Group Investigation (GI) dipadu dengan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang pada Maret-Mei 2011 . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X-A1 SMA Negeri 2 Malang semester Genap tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis data yang dilakukan ada dua cara yaitu berdasarkan pada data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara kualitatif deskriptif dan data kuantitatif yang didapat dari hasil penelitian yaitu keterampilan bekerja ilmiah kemampuan kognitif siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Group Investigation (GI) dipadu Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan bekerja ilmiah dan kemampuan kognitif siswa kelas X-A1 SMA Negeri 2 Malang. Siswa yang difasilitasi pembelajaran dengan metode Group Investigation (GI) dipadu Problem Based Learning (PBL) memiliki keterampilan bekerja ilmiah 65% pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai 85%. Terjadi peningkatan keterampilan bekerja ilmiah pada siklus II. Kemampuan kognitif yang difasilitasi pembelajaran dengan metode Group Investigation (GI) dipadu Problem Based Learning (PBL) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai siklus I sebesar 77 sedangkan pada siklus II sebesar 89 sedangkan ketuntasan klasikal kelas mengalami peningkatan pada siklus I 63% siswa tuntas sedangkan pada siklus II 100% siswa tuntas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24790

Actions (login required)

View Item View Item