Korelasi antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran biologi siswa kelas x di SMAN 1 Talun dan kemungkinan cara meningkatkanya / Ida Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran biologi siswa kelas x di SMAN 1 Talun dan kemungkinan cara meningkatkanya / Ida Kurniawati

Kurniawati, Ida (2011) Korelasi antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran biologi siswa kelas x di SMAN 1 Talun dan kemungkinan cara meningkatkanya / Ida Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci korelasi minat belajar nilai tes formatif kemungkinan cara meningkatkannya Tingkat kecerdasan seorang siswa berperan penting dalam menentukan tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Tetapi ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya yaitu minat. Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Talun menunjukkan nilai tes formatif Biologi siswa kelas X ada sebagian yang masih di bawah standar ketuntasan minimal. Hal ini kemungkinan disebabkan dari faktor guru atau juga karena siswa memang tidak memiliki minat terhadap pelajaran Biologi sehingga siswa menjadi malas dan kurang tekun dalam belajar Biologi sehingga berdampak pada nilai tes mereka yang rendah. Selain itu siswa yang memiliki minat belajar Biologi tinggi dan juga mencapai hasil belajar yang baik menjadi harapan bagi semua guru Biologi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui tingkat minat belajar Biologi siswa 2) mengetahui tingkat hasil nilai tes formatif Biologi siswa 3) mengetahui korelasi yang positif antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran Biologi 4) mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar Biologi siswa dan 5) cara pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar Biologi siswa sehingga berdampak pada nilai tes formatif siswa yang meningkat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Talun. Data korelasi diambil dari 3 kelas yang dipilih secara acak satu kelas yang memiliki korelasi paling rendah digunakan sebagai sampel yang diberikan tindakan untuk meningkatkan minat belajar Biologi siswa sehingga berdampak pada nilai tes formatif siswa yang meningkat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket dan tes formatif. Analisis data dilakukan dengan analisis secara kuantitatif menggunakan rumus statistika dan analisis secara deskriptif untuk memaparkan tindakan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat minat belajar Biologi siswa kelas X sebesar 80 2% dengan rata-rata nilai minat siswa sebesar 64 9. Tingkat hasil nilai tes formatif Biologi siswa kelas X sebesar 75 6% dengan rata-rata nilai tes formatif siswa sebesar 75 6. Selain itu hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang positif antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran Biologi siswa kelas X. Faktor yang paling mempengaruhi minat belajar Biologi siswa yaitu motivasi dari diri sendiri karakteristik pelajaran Biologi serta lingkungan dan teman sebaya. Dengan pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran di luar kelas menggunakan metode pengamatan langsung di lingkungan sekolah yang dipadu dengan kegiatan diskusi presentasi dapat meningkatkan minat belajar Biologi siswa sehingga berdampak pada nilai tes ii formatifnya yang meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif antara minat belajar dengan nilai tes formatif pada mata pelajaran Biologi siswa kelas X di SMAN 1 Talun dan kemungkinan cara yang diterapkan adalah pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran di luar kelas menggunakan metode pengamatan langsung di lingkungan sekolah yang dipadu dengan kegiatan diskusi presentasi dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar Biologi siswa sehingga berdampak pada nilai tes formatifnya yang meningkat. Saran dari penelitian ini yaitu minat belajar Biologi perlu dan dapat dibangkitkan supaya siswa dapat lebih tekun dalam belajar Biologi sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membangkitkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24789

Actions (login required)

View Item View Item