Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang / Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang / Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma

Kusuma, Anindita Suliya Hangesti Mandra (2011) Implementasi pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang / Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar. Pembelajaran berbasis Lesson Study merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif dalam merencanakan melaksanakan mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study diimplementasikan secara berkelanjutan menggunakan multistrategi berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar dan merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar. Adanya prinsip kolaboratif kolegialitas dan mutual learning yang dibangun selama pembelajaran Lesson Study akan meningkatkan kinerja dan keprofesionalan guru sehingga dapat memperbaiki dan mengoptimalkan pembelajaran hal ini akan berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar tersebut tentunya akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan implementasi pembelajaran berbasis Lesson Study terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 5 Malang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi angket dokumentasi dan tes tulis. Objek penelitian adalah siswa kelas VII B di SMPN 5 Malang semester genap Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 42 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2011. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri 5 Malang Jl. W.R Supratman 12 Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanan Lesson Study (plan do dan see) lembar observasi pembelajaran dalam Kegiatan Lesson Study lembar observasi motivasi belajar angket motivasi siswa ARCS angket respon siswa terhadap pelaksanaan Lesson Study kamera digital dan soal tes tulis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa implementasi pembelajaran berbasis Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang sebesar yang dapat diketahui dari angket motivasi ARCS yang diberikan sebelum dan sesudah Lesson Study serta lembar observasi motivasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Selain itu implementasi pembelajaran berbasis Lesson Study juga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Malang yang diketahui dari hasil tes kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada beberapa pihak sebagai berikut 1) menjadikan Lesson Study sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan keprofesionalan guru sehingga dapat memperbaiki dan mengoptimalkan pembelajaran 2) Implementasi pembelajaran berbasis Lesson Study sebaiknya dilaksanakan secara berkesinambungan dan tidak dibatasi waktu supaya peningkatan yang diinginkan bisa tercapai 3) Implementasi Lesson Study sebaiknya tidak hanya dilakukan di satu kelas agar hasil yang diperoleh lebih valid 4) Hasil belajar yang diteliti sebaiknya tidak hanya kognitif tetapi juga afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item