Pengembangan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 di SMA laboratorium Universitas Negeri Malang melalui penerapan praktik pengalaman (PPL) berbasis lesson study / Dea Vindi Awalindah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 di SMA laboratorium Universitas Negeri Malang melalui penerapan praktik pengalaman (PPL) berbasis lesson study / Dea Vindi Awalindah

Awalindah, Dea Vindi (2011) Pengembangan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 di SMA laboratorium Universitas Negeri Malang melalui penerapan praktik pengalaman (PPL) berbasis lesson study / Dea Vindi Awalindah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PPL berbasis lesson study motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran biologi di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang menggunakan metode ceramah tanya jawab dan diskusi. Sebagian besar siswa kelas XI IPA 1 kurang menunjukkan rasa ingin tahu terhadap pelajaran biologi dan juga masih belum dapat mengaitkan manfaat pelajaran biologi dalam kehidupan sehingga pemahaman terhadap materi-materi yang dibelajarkan masih kurang. Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 masih kurang memuaskan. Pada ulangan harian sistem pernapasan taraf ketuntasan klasikal baru mencapai 77% sehingga perlu ditingkatkan lagi hingga mencapai 85%. Penelitian ini mengkaji (1) pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) berbasis lesson study (2) motivasi belajar siswa (3) hasil belajar siswa (ranah kognitif). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sebanyak 31 siswa seorang guru model dan 12 orang observer. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan PPL berbasis lesson study motivasi belajar siswa dan hasil belajar (ranah kognitif). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data paparan data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf keterlaksanaan langkah-langkah lesson study dalam PPL di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sangat sesuai dengan standar monitoring tahap Plan Do dan See yang ditetapkan oleh Ditjen Dikti. Motivasi belajar siswa berdasarkan jawaban angket model ARCS memiliki skor rata-rata 3.9 (baik) sebelum pelaksanaan lesson study meningkat menjadi 4.0 (baik) saat Open Lesson (OL) pada pelaksanaan lesson study dan semakin meningkat menjadi 4.2 (baik) saat OL akhir pelaksanaan lesson study. Motivasi belajar siswa berdasarkan lembar observasi motivasi belajar memiliki skor klasikal 85.0% (sangat baik) pada tindakan 1 83.3% (sangat baik) pada tindakan 2 85.0% (sangat baik) pada tindakan 3 dan 90.0% (sangat baik) pada tindakan 4. Berdasarkan jawaban angket respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran siswa merespons positif kegiatan pembelajaran selama pelaksanaan PPL berbasis lesson study. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi dengan taraf ketuntasan klasikal 64.5% meningkat pada pokok bahasan organ indera manusia menjadi 87.1% dan semakin meningkat pada pokok bahasan sistem saraf dan hormon manusia menjadi 93.5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa PPL berbasis lesson study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Saran yang dapat disampaikan yaitu PPL berbasis lesson study perlu dipertahankan karena terbukti dapat berdampak positif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24787

Actions (login required)

View Item View Item