Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa pendidikan biologi FMIP UM dalam memanfaatakan media pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 9 Malang / Ana Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa pendidikan biologi FMIP UM dalam memanfaatakan media pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 9 Malang / Ana Rokhmawati

Rokhmawati, Ana (2011) Implementasi praktik pengalaman lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa pendidikan biologi FMIP UM dalam memanfaatakan media pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 9 Malang / Ana Rokhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PPL berbasis lesson study keterampilan memanfaatkan media pembelajaran media pembelajaran riil (konkret) hasil belajar. Mutu pendidikan merupakan suatu dampak dari keprofesionalan pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) keguruan merupakan salah satu cara yang harus ditempuh oleh mahasiswa calon guru agar menjadi tenaga pendidik yang profesional. Untuk lebih meningkatkan keefektifan PPL keguruan maka dilaksanakan PPL berbasis lesson study. Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegilitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Susilo 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan penerapan PPL berbasis lesson study 2) keterampilan mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM dalam menggunakan media pembelajaran melalui PPL berbasis lesson study dan 3) hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9 Malang pada penerapan keterampilan mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui PPL berbasis lesson study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dilakukan pada empat kelas dengan dua guru model mahasiswa PPL. Guru model Ana Rokhmawati mengajar di kelas X.5 dan X.6 sedangkan guru model Arga Tryandana mengajar di kelas X.7 dan X.4. Keterlaksanaan lesson study dilihat berdasarkan setiap tahapan plan do dan see. Keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dilihat berdasarkan lesson study awal dan berikutnya pada masing-masing guru model. Begitu juga dengan hasil belajar Biologi siswa yang dibandingkan pada saat sebelum melaksanakan lesson study dan setelah lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan PPL berbasis lesson study oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM di SMA Negeri 9 Malang mengalami peningkatan pada setiap tahapan plan do dan see materi Arthropoda dan Echinodermata. Keterampilan mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM dalam menggunakan media pembelajaran melalui PPL berbasis lesson study di SMA Negeri 9 Malang juga mengalami peningkatan pada setiap open class materi Arthropoda dan Echinodermata. Hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9 Malang pada penerapan keterampilan mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM dalam memanfaatkan media pembelajaran melalui PPL berbasis lesson study mengalami peningkatan baik hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Pada setiap kelas X.5 X.7 X.4 dan X.6 memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar sebelum penerapan keterampilan memanfaatkan media pembelajaran melalui PPL berbasis lesson study. Saran pemanfaatan lebih lanjut dari hasil penelitian ini adalah 1) melaksanakan lesson study lebih banyak lagi sehingga melatih tenaga pendidik agar lebih terampil dalam memanfaatkan media pembelajaran 2) hendaknya penjadwalan pelaksanaan lesson study direncanakan jauh sebelum kegiatan open class agar observer lebih konsisten dalam melaksanakan kegiatan lesson study dan 3) setiap mahasiswa PPL sebaiknya melaksanakan kegiatan lesson study untuk memecahkan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item View Item