Agustina, Ferda (2011) Perbedaan motivasi dan hasil belajar biologi antara siswa yang diberi model pembelajaran jigsaw II dengan siswa yang diberi model pembelajaran Numbered Head Together di SMA Negeri 1 Tumpang / Ferda Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Jigsaw II Numbered Heads Together (NHT) Motivasi Belajar Hasil Belajar. Motivasi belajar siswa merupakan hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus karena motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Tanpa motivasi dalam diri siswa maka siswa tidak dapat belajar dengan baik. Motivasi belajar dapat didorong melalui penerapan model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah model pembelajaran Jigsaw II dan NHT. Model pembelajaran Jigsaw II memiliki keunggulan meningkatkan motivasi belajar instrinsik membuat ahli menjadi pemilik informasi yang unik dan siswa dituntut untuk saling ketergantungan positif terhadap teman sekelompoknya. Model pembelajaran NHT juga memiliki keunggulan meningkatkan motivasi belajar instrinsik dan menekankan pada struktur khusus yang dipandang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Dorongan motivasi belajar instrinsik siswa akan berimplikasi pada hasil belajar siswa. Penelitian sebelumnya yang terkait dengan model pembelajaran Jigsaw dan NHT sebagian besar berupa penelitian tindakan kelas. Belum ada penelitian yang mengkaji tentang perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa antara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II dan NHT. Padahal identifikasi perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa ini sangat perlu dilakukan untuk memperoleh data tentang perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan paparan di atas peneliti membandingkan motivasi dan hasil belajar Biologi antara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II dengan siswa yang diberi model pembelajaran NHT di SMA Negeri 1 Tumpang. Tujuan dalam penelitan ini adalah mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar Biologi antara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II dengan siswa yang diberi model pembelajaran NHT di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan rancangan komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tumpang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-2 dan X-3. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa dan anakova untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa kelas Jigsaw II lebih besar daripada kelas NHT (90.93 90.67) namun perbedaan motivasi belajar siswa tersebut tidak signifikan. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas Jigsaw II lebih besar daripada kelas NHT (83.31 82.54). Nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa kelas NHT lebih besar daripada kelas Jigsaw II (88.52 88.39). Nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siswa kelas NHT lebih besar daripada kelas Jigsaw II (77.67 76.94). Namun setelah di analisis menggunakan anakova menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor antara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II dengan siswa yang diberi model pembelajaran NHT tidak signifikan. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran Jigsaw II dan NHT sama-sama memiliki potensi yang bagus untuk mendorong motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24782 |
Actions (login required)
View Item |