Aisyah, Siti (2011) Analisis kesalahan pemahaman konsep materi keanekaragaman hayati di kelas 10 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci konsep pemahaman konsep miskonsepsi buku teks Penguasaan konsep dalam biologi sangat penting hal ini dikarenakan selain memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan penguasaan konsep juga dapat membantu siswa untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataanya di dalam pembelajaran biologi sering terdapat kesalahan dalam memahami konsep. Kesalahan pemahaman konsep dapat terjadi pada saat pembentukan konsep itu sendiri. Jika konsep terbentuk atas dasar commonsense thinking bukan scientific thinking maka akan menghasilkan konsep yang berbentuk sama atau berlawanan dengan konsep saintifik. Pemahaman konsep pada siswa juga tidak terlepas dari peranan guru dan buku. Adakalanya konsep-konsep yang disampaikan oleh guru dan yang ada di dalam buku kurang tepat atau memerlukan konsepsi alternatif dan hal ini dapat menyebabkan kesalahan konsep pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kesalahan pemahaman konsep pada materi Keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen (2) mengetahui tingkat kesalahan pemahaman konsep pada materi Keanekaragaman hayati Indonesia dan pelestariannya pada siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen dan (3) mengetahui keterkaitan antara guru dan buku teks dengan tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan mulai bulan April sampai Mei. Data penelitian ini berupa hasil tes pemahaman konsep siswa kelas X-6 dan X-9 hasil analisis konsep pada buku teks dan hasil pengisian angket guru bidang studi biologi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati yaitu sebesar 19 8% tergolong ke dalam kategori Specific Misconception dan 38 0% tergolong ke dalam kategori Partial Understanding with Specific Misconception sedangkan tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia dan pelestariannya yaitu 19 7% pola jawaban siswa tergolong ke dalam kategori Specific Misconception (skor 2) dan 31 9% tergolong ke dalam kategori Partial Understanding with Specific Misconception (Skor 3). Pada buku teks ditemukan adanya pernyataan yang dapat menyebabkan miskonsepsi dan dari pengisian angket guru ditemukan adanya beberapa konsep yang salah. Pada materi Keanekaragaman Hayati kesalahan konsep pada guru sebesar 50% dan pada materi Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Pelestariaanya kesalahan konsep pada guru sebesar 75%. Guru dan buku teks berkaitan dengan tingkat kesalahan pemahaman siswa. Guru dan buku teks mempengaruhi pembentukan konsep pada siswa. Adanya kesalahan konsep pada guru dan buku menjadi faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24781 |
Actions (login required)
View Item |