Implementasi lesson study untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Malang / Erni Purnasari

Purnasari, Erni (2011) Implementasi lesson study untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Malang / Erni Purnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: lesson study, sumber belajar, guru model, hasil belajar Pembelajaran biologi selama ini lebih banyak menghafalkan fakta, prinsip, dan teori. Pembelajaran biologi bisa lebih bermakna dan mudah dipahami jika sumber belajar yang digunakan relevan dan bervariasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pembelajaran di SMA Negeri 4 Malang masih belum optimal memanfaatkan sumber belajar baik bahan, lingkungan maupun teknik sehingga masih ada siswa yang belum termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Lesson study merupakan sebuah sarana yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta meningkatkan kompetensi pedagogis guru dengan adanya kolaborasi dan mutual learning. Salah satu kompetensi pedagogis guru adalah mampu memanfaatkan sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan lesson study, kemampuan memanfaatkan sumber belajar melalui implementasi lesson study, serta hubungannya dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan pada bulan Maret s.d April 2011. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM yang melaksanakan PPL di SMA Negeri 4 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian RPP, lembar penilaian kemampuan memilih dan menggunakan sumber belajar, lembar observasi keterlaksanaan lesson study, lembar observasi lesson study, angket respons siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study dapat meningkatkan kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru model mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UM. Keterlaksanaan implementasi lesson study dari tahap plan, do, dan see mengalami peningkatan dari siklus ke-1 sampai ke-9 dengan rata-rata keterlaksanaan 92,1% dengan kategori sangat terlaksana. Kemampuan memanfaatkan sumber belajar melalui implementasi lesson study pada sub variabel kemampuan memilih sumber belajar memperoleh skor rata-rata sebesar 95,6% dengan kategori sangat baik dan sub variabel kemampuan menggunakan sumber belajar memperoleh skor rata-rata sebesar 91,0% dengan kategori sangat baik. Perkembangan kemampuan memanfaatkan sumber belajar melalui implementasi lesson study dalam hubungannya dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas ulangan harian Vermes mengalami peningkatan sebesar 37,7 untuk kelas X-1, 30,9 untuk kelas X-2, dan 36,8 untuk kelas X-3. Berdasarkan uraian di atas menyatakan bahwa implementasi lesson study dapat meningkatkan kemampuan memanfaatkan sumber belajar oleh guru serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item