Udhmah, Syafa'atul (2011) Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari / Syafa'atul Udhmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci lesson study kualitas pembelajaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kulminasi pengalaman belajar secara teoritis dan praktis yang dilaksanakan secara terprogram terpadu dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah atau lembaga yang sesuai dengan bidang keahliannya. PPL terdiri atas PPL Kependidikan dan PPL Nonkependidikan. PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi pendidikan Biologi adalah PPL kependidikan keguruan. PPL ini mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk menjadi guru profesional. Seorang calon guru tentunya akan sangat sulit menguasai berbagai kompetensi untuk meningkatkan keprofesionalan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu untuk meningkatkan keefektifan PPL harus ada inovasi dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keefektifan PPL serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitan ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan implementasi PPL berbasis lesson study serta implikasinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Lembar observasi keterlaksanaan kegiatan plan do dan see dalam lesson study angket lesson study untuk peserta didik lembar observasi kemampuan membelajarkan siswa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan lesson study dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study meningkat. Rata-rata keterlaksanaan lesson study adalah 78 6%. Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis lesson study juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi proses yang diperoleh dari kemampuan membelajarkan siswa oleh guru model dan segi hasil yang diperoleh dari hasil belajar siswa ranah kognitif afektif dan psikomotor. Kemampuan membelajarkan oleh tiap guru model meningkat dari siklus pertama hingga siklus keempat. Hasil belajar siswa ranah kognitif pun meningkat pada tiap kelas dari lesson study pertama ke lesson study kedua. Hasil belajar ranah afektif berada pada kategori baik pada tiap lesson study sedangkan hasil belajar ranah psikomotor meningkat dari lesson study pertama dan kedua ke lesson study ketiga. ii ABSTRACT Udhmah Syafa atul. 2011. The Implementation of Lesson Study based teaching practice to improve the Quality of Biology Learning of Grade X Students SMA Negeri 1 Purwosari. Thesis Department of Biological Science State University of Malang. Supervisors (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Drs. Sarwono M.Pd. Key words lesson study the quality of biology learning Teaching practice is the culmination of the theoretical and practical learning experience implemented programmatically integrated and guided through an internship at school. Teaching practice conducted here in in teaching Biology. Teaching practice prepare the prospective student teacher to become professional teacher. A prospective teacher should master a variety of competencies to enhance her professionalism. Therefore in this case the lesson study is used as an alternative to improve the effectiveness of the PPL and to improve the quality of student learning. This research was conducted with the aim of describing the implementation of lesson study based teaching practice and its implications in improving the quality of student Biology learning in grade X SMA Negeri 1 Purwosari. This research used descriptive qualitative research methods. The instruments are observation sheet for plan do and see in lesson study questionnaire for students observation sheet of the ability to guide student learned observation sheet in the teaching and learning prosesses and the assessment sheet of students learning result. The results showed that the implementation of lesson study based teaching practice increases. The average of lesson study activities was 78.6%. Implementation lesson study based teaching practice can also improve the quality of learning in terms of processes derived from the ability of students by teachers and the learning results obtained in terms of students cognitive affective and psychomotor. The ability to teach by teachers increased from the first cycle until the fourth cycle. Cognitive learning outcomes of students has increased in each class from the first lesson study to the second lesson study. Affective domain of learning outcomes is good in both categories in each lesson study whereas the psychomotor domain of learning results improved from the first lesson study and the second to the third lesson study. iii KATA PENGANTAR Bismillahhirohmanirrohim..... Alhamdulillah segala puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat hidayah dan bimbingan-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwosari dengan baik dan lancar. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan studi di Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Keberhasilan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Dengan segala kerendahan hati penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat 1. Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D selaku dosen pembimbing I dan Drs. Sarwono M.Pd selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan arahan masukan dan motivasi bagi penulis selama mengerjakan skripsi ini. 2. Dr. Ibrohim M.Si selaku penguji yang telah memberikan kritik saran dan bantuan kepada penulis sehingga skripsi ini menjadi lebih baik. 3. Dr. H. Abdul Gofur M.Si selaku Ketua Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yang telah memberikan bantuan dalam proses pelaksanaan studi dan skripsi ini. 4. Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24778 |
Actions (login required)
View Item |